Penjabat Gubernur Jawa Barat Muhammad Iriawan Sudah Ajukan 3 Nama ke Kemdagri

Penjabat Gubernur Jawa Barat Muhammad Iriawan mengaku telah mengajukan tiga nama ke Kementerian Dalam Negeri.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Muhammad Iriawan Sudah Ajukan 3 Nama ke Kemdagri
Istimewa
PEJABAT Gubernur Jawa Barat M Iriawan. 

WARTA KOTA, BEKASI---Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah bakal dicopot dari jabatannya oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat Muhammad Iriawan pada Jumat (31/8/2018).

Surat penggantian Ruddy yang akan diselenggarakan di Gedung Sate, Kota Bandung ini bahkan sudah diterima aparatur Kota Bekasi.

Pasca dicopot, Ruddy akan kembali fokus ke jabatan lamanya sebagai Kepala Satuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat.

Baca: Penjabat Wali Kota Bekasi Dicopot, Sekretaris Daerah Kota Bekasi Kosong

Penjabat Gubernur Jawa Barat Muhammad Iriawan mengaku telah mengajukan tiga nama ke Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) sebagai pengganti Ruddy.

Namun mantan Kapolda Metro Jaya itu enggan membeberkan siapa saja nama yang dia usulkan untuk mengganti Ruddy.

Dia menyebut, alasan digantinya Ruddy karena keberadaannya dibutuhkan Jawa Barat dalam menghadapi pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) pada 17 April 2019.

Baca: Pengamat: Pemerintah Kota Bekasi Jangan Mengandalkan Bantuan dari Jakarta

Sebagaimana tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) Kesbangpol, Ruddy diwajibkan memantau situasi politik di kalangan masyarakat menjelang Pilpres dan Pileg pada 2019 di wilayah Jawa Barat.

Kesbangpol juga berperan dalam melakukan pembinaan kepada para lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang ada di Jawa Barat.

Bahkan posisi Kesbangpol sebagai pemberi informasi atau intelijen pemerintahan yang diteruskan ke Gubernur Jawa Barat tentang persoalan yang terjadi di masyarakat.

Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah mengaku belum mendapatkan surat pemberitahuan resmi seputar berakhirnya masa tugas di Kota Bekasi.

Baca: Pemerintah Kota Bekasi Mengusulkan Gerbang Tol di Sekitar TPA Burangkengke ke Jasa Marga

Meski begitu, sikap Ruddy sudah menyampaikan pesan bahwa dirinya akan meninggalkan Kota Bekasi untuk kembali fokus menjalankan tugas sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Barat.

"Sampai sekarang masih belum menerima surat tentang penarikan," katanya saat di konfirmasi awak media, Kamis (30/8/2018).

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved