Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade?

Ketua INASGOC, Erick Thohir, menyatakan dirinya meyakini bahwa Indonesia sudah pantas untuk menjadi tuan rumah Olimpiade.

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade?
TRIBUNNEWS/ABDUL MAJID
Ketua Pantia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU--Antusias masyarakat Indonesia begitu tinggi saat digelarnya Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang.

Hal merupakan salah sau bukti suksenya penyelenggaraan event empat tahunan tersebut.

Berdasarkan hal itu, Ketua INASGOC, Erick Thohir, menyatakan dirinya meyakini bahwa Indonesia sudah pantas untuk menjadi tuan rumah event yang lebih besar dari Asian Games, yakni Olimpiade.

Baca: Asian Games 2018, Erick Thohir Tanggapi Oknum Tim Silat Malaysia Merusak Fasilitas Pertandingan

"Kalau saya pikir sudah pantas Indonesia mendapatkan (tuan rumah) Olimpiade," kata Erick Thohir di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/8).

Kesiapan itu tak hanya terkait penyediaan fasilitas beserta infrastruktur saja, namun juga prestasi sejumlah atlet.

Hingga kini, 89 medali memantapkan posisi kontingen Indonesia di peringkat keempat dengan rincian 30 emas, 22 perak, dan 37 perunggu.

Baca: Lurah Marunda Jakarta Utara Tidak Tahu Ada Warganya Berpartisipasi di Asian Games 2018

Bahkan cabang olahraga Pencak Silat mendominasi perebutan medali dengan torehan 14 emas dan satu perunggu.

"Makanya ketika ada statement dari negara yang kalah dipertandingan, saya keras statement-nya. Namanya pertandingan, biasa (menang atau kalah). Negara tertentu juga mendominasi di beberapa cabang. Ada di gulat dan lainnya. Ketika indonesia menunjukan 'Macan Asia', kok semua ngomel? Memang sudah sepantasnya, negara besar Indonesia harus benar-benar mempersiapkan dengan serius," kata Erick Thohir.

Erick berharap di event selanjutnya, sejumlah atlet yang meraih medali bisa mempertahankan gelar saat Sea Games 2019 di Filipina dan Olimpiade 2020 di Tokyo.

Baca: Berprestasi di Asian Games 2018, Puji Lestari Disambut Meriah Warga Marunda Jakarta Utara

"Memang kita harus kembali menjadi 'Macan Asia', persiapan Sea Games di Filipina 2019 atau Olimpiade Tokyo 2020, biasanya hanya satu emas mungkin tiga emas. Jangan hanya dari Bulu Tangkis, Angkat Besi, Skateboard, Panahan dan Atletik saja," katanya.

Erick mengatakan, akan menemui Presiden International Olympic Committee pada esok hari.

Ia juga akan menghadiri rapat bersama Presiden Joko Widodo, Wapres Jusif Kalla, Menpora Imam Nahrawi, Menko PMK Puan Maharani dan Menkeu Sri Mulyani.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help