Dua Aliran Kali di Jakarta Barat di Sheetpile, Telan Anggaran Rp 56 Miliar

Pemancangan sheetpile kini tengah dilakukan di sepanjang aliran anak Kali Ciliwung, Tamansari, dan juga di Kali Duri,

Dua Aliran Kali di Jakarta Barat di Sheetpile, Telan Anggaran Rp 56 Miliar
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Pemasangan sheetpile di Kali Duri, Kecamatan Tambira, Jakarta Barat, oleh jajaran Sudin SDA Jakarta Barat, Kamis (30/8/2018). 

PEMANCANGAN sheetpile kini tengah dilakukan di sepanjang aliran anak Kali Ciliwung, Tamansari, dan juga di Kali Duri, Tambora, Jakarta Barat, Kamis (30/8/2018).

Pelaksanaan pemancangan sheetpile ini, telan anggaran hingga Rp 56 Miliar.

"Pembangunan sheetpile ditargetkan rampung bulan Desember 2018 untuk Kali Duri dan anak Kali Ciliwung. Anggarannya, menelan capai Rp 56 Miliar, untuk mendirikan tanggul kedalaman 12 meter. Anggarannya dari APBD," ujar Kepala Suku Dinas (Kasudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, Imron Syahrin.

Dia mengatakan, bila pembangunan sheetpile ini sendiri dilakukan agar mencegah banjir dan genangan di wilayah Jakarta Barat.

Mengenai lembangunan sheetpile, kata Imron, jika sudah berjalan sejak 26 Juni 2018, serta ditargetkan rampung pada 20 Desember 2018 atau kurang lebih 5 bulan.

"Untuk anak Kali Ciliwung disheetpile, memang permintaan dari warga. Setiap hujan di wilayah Mangga Besar kan e terjadi genangan. Terutama saat pintu air dekat Istana itu dibuka saat hujan," ujarnya kembali.

Imron menjelaskan, bila proyek sheet pile saat ini baru mencapai 5 persen.

Sementara, selain pembangunan sheetpile, jajaran Dinas Sumber Daya Air lakukan normalisasi kali, dan tercatat 15 aliran kali di tahun 2018.

"15 aliran kali yang tengah dinormalisasi saat inj sedang proses pengerjaan. Hampir semua wilayah di Jakarta Barat itu ajukan permintaan normalisasi. Baik secara fisik dan pengurasan," terangnya. (BAS).

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved