Kesehatan Mulut dan Gigi

25 Karyawan Panti Lansia Sasana Tresna Wredha Dilatih Menjaga Kesehatan Mulut

"Jadi, awalnya diceritakan dulu apa bedanya kanker mulut serta penyakit mulut lain."

25 Karyawan Panti Lansia Sasana Tresna Wredha Dilatih Menjaga Kesehatan Mulut
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Karyawan Panti Lansia Sasana Tresna Werdha mengikuti pelatihan 'Pencegahan Dini Kanker Mulut', di Panti Lanjut Usia (Lansia) Sasana Tresna Werdha, di Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (30/8/2018). 

WARTA KOTA, GROGOL PETAMBURAN----Sebanyak 25 karyawan Panti Lanjut Usia (Lansia) Sasana Tresna Werdha Jelambar, mengikuti penyuluhan tentang 'Oral Health Literacy' dan Pengetahuan Kanker Mulut, Kamis (20/8/2018).

Penyuluhan itu digelar oleh Centre of Ageing Studies bekerjasama dengan  Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI).

Acara yang diadakan di Panti Lansia Sasana Tresna Werdha, Jalan Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, memberika pengetahuan tentang pencegahan dini kanker mulut.

Penyuluhan itu diberikan oleh Drg Patoni, mahasiswa spesialis penyakit mulut FKG UI.

Baca: Kesehatan Mulut Anda sangat Dipengaruhi oleh Kegiatan Olahraga

Menurut Satuan Pelaksana Panti Lansia Sasana Tresna Werdha, Sri Utami, di pantinya terdiri atas 104 lansia. Rinciannya 51 laki-laki dan 53 wanita.

Dia menambahkan, penyuluhan itu dapat memberi pengetahuan kepada karyawan panti sehingga memerhatikan kesehatan mulut warga binaan di panti tersebut

"Paling enggak minimal untuk diri sendiri. Karena, tadi penyuluhannya mengajarkan bagaimana cara-cara mengatasi atau mendeteksini dini kanker mulut secara mandiri. Mudah-mudahan dalam kegiatan ini bisa juga diterapkan untuk seluruh warga binaan kami," katanya.

Sri menjelaskan, memberi pengetahuan tentang kesehatan mulut kepada para lansia harus bertahap. Selain itu, warga binaan belum tentu dapat mengecek kondisi kesehatan mulutnya.

"Namanya umur yang menua, ada beberapa di sini (lansia) yang pikun, dan bahkan mengenai daya serap pengetahuannya juga telah lemah," ucapnya.

Baca: Mitos dan Fakta Kesehatan Mulut

Penyuluhan kanker mulut, kata Sri,  sangat penting karena memberi pengetahuan bagaimana menjaga kesehatan mulut.

Halaman
1234
Penulis: Panjibaskhara
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved