Pemesanan Ruang Meeting Kini Hanya Satu Klik via Spotqoe

TREN industri MICE terus tumbuh. Ditambah lagu tren pelaku bisnis yang melakukan kerja secara 'bergerak' (remote).

Pemesanan Ruang Meeting Kini Hanya Satu Klik via Spotqoe
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
PELUNCURAN SpotQoe, platform online layanan pemesanan ruang meeting dan event, oleh PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) di Jakarta, Selasa (28/8/2018). 

TREN industri Meeting Incentive Convention and Exhibition (MICE) terus tumbuh. Ditambah lagu tren pelaku bisnis yang melakukan kerja secara 'bergerak' (remote).

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Maulana Yusran mengatakan, dengan adanya era digital selain tempat juga konsumen membutuhkan kecepatan dan semudah mungkin caranya.

Bila masyarakat sudah terbiasa memesan kamar hotel lewat aplikasi, kini memesan ruangan meeting atau sebagai kantorpun bisa lewat aplikasi.

Menurut Maulana, saat ini pemesanan kamar hotel lewat aplikasi sudah mencapai 30-40 persen. Pemesanan langsung sudah semakin menurun.

PELUNCURAN SpotQoe, platform online layanan pemesanan ruang meeting dan event, oleh PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) di Jakarta, Selasa (28/8/2018).
PELUNCURAN SpotQoe, platform online layanan pemesanan ruang meeting dan event, oleh PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) di Jakarta, Selasa (28/8/2018). (Warta Kota/Lilis Setyaningsih)

Selain kamar, sebenarnya pihak hotel harus fokus pada ruangan pertemuan. Pasalnya bila ada pemesanan ruang pertemuan akan mendorong pemesanan makanan dan minuman.

"Bayangan selama ini restoran tempat makan saja, padahal bisa buat meeting. Terpenting fasilitas utama internet. Dan pihak hotel dapat pemasukan dari makanan dan minuman selain pemesanan ruangan," kata Maulana disela-sela PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) Luncurkan SpotQoe, Platform Online Layanan Pemesanan Ruang Meeting dan Event di Kantorku, Selasa (28/8/2018).

Bagi hotel, pendapatan dari makanan dan minuman bisa mencapai 40 persen dari pendapatan. Pemasukan ini bisa didapat bila pemesanan ruangan juga tinggi.

Hal itulah yang membuat hotel sempat lesu ketika keluar kebijakan Pemerintah melarang Pegawai Negeri Sipil meeting di hotel.

"Ketika ada larangan meeting di hotel, banyak hotel di seluruh Indonesia pendapatan turun sampai 30 persen dan khusus makanan dan minuman hingga 50 persen. Akhirnya Pemerintah mencabut larangan itu," katanya.

Dengan adanya pemesanan ruangan semudah memesan kamar, diharapkan akan memicu kinerja pelaku bisnis.

Halaman
12
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help