Tabung Gas Bocor dan Terbakar di Dekat Patung Liberty, 3.400 Turis Dievakuasi

Evakuasi terpaksa dilakukan terhadap lebih dari 3.400 turis Pulau Liberty, AS, setelah tabung gas mengalami kebocoran dan terbakar.

Tabung Gas Bocor dan Terbakar di Dekat Patung Liberty, 3.400 Turis Dievakuasi
AFP/Drew Angerer/Getty Images North America/Kompas.com
KAPAL pemadam dari Departemen Pemadam Kebakaran New York menyemprotkan air ke lokasi kebakaran di dekat patung Liberty, Senin (27/8/2018). 

TINDAKAN evakuasi terpaksa dilakukan terhadap lebih dari 3.400 turis Pulau Liberty, Amerika Serikat (AS), setelah tabung gas mengalami kebocoran dan terbakar, Senin (27/8/2018).

Sejumlah tabung berukuran 45 kilogram berisi gas propana mendadak bocor dan terbakar di sebuah lokasi konstruksi di Pulau Liberty, dekat patung yang menjadi ikon kota New York.

Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 waktu setempat. Dibutuhkan waktu hingga dua jam sebelum petugas pemadam kebakaran akhirnya dapat menguasai api.

Baca: Hanya Dua Hari Gedung Putih Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk John McCain

Baca: Capres John McCain Minta Barack Obama dan George W Bush Beri Pujian di Pemakamannya

Roger Sakowich dari Departemen Pemadam Kebakaran New York untuk wilayah Manhattan, mengatakan, seorang pekerja konstruksi mengalami luka bakar ringan akibat insiden tersebut.

"Namun korban tidak sampai harus mendapat perawatan di rumah sakit," ujar Sakowich dilansir NBC New York.

"Penyelidikan tengah dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti munculnya api," tambahnya.

Proses evakuasi terhadap 3.400 orang yang berada di pulau saat insiden terjadi harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jika tabung gas sampai meledak, serpihan logam dapat terbang hingga jarak yang cukup jauh dan mengenai siapa pun. Ditambah lagi bola api besar yang dapat menyambar apa pun di dekatnya," kata Sakowich.

Baca: Trump Larang Gedung Putih Beri Pujian ke Mendiang Senator John McCain

Dibuka kembali

Juru bicara Layanan Taman Nasional Pulau Liberty, Jerry Willis menegaskan, setelah api dapat dikendalikan, objek wisata tersebut langsung kembali dibuka.

"Wisatawan dapat kembali ke monumen yang dapat diakses oleh publik dengan feri," ujar Willis kepada AFP.

Insiden pada Senin kemarin menjadi kali kedua dilakukan proses evakuasi terhadap pengunjung Pulau Liberty dalam dua bulan terakhir.

Sebelumnya pada 4 Juli lalu, bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan AS, evakuasi dilakukan setelah seorang aktivis melakukan aksi protes dengan menaiki bagian jubah patung Lady Liberty. (Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tabung Gas Bocor dan Terbakar, 3.400 Turis Dievakuasi dari Pulau Liberty"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved