Survei Charta Politica Puji Kinerja DPR

Hasil survei Charta Politica yang dipaparkan di kawasan Senayan menunjukkan, sebagian warga puas atas kinerja DPR.

Survei Charta Politica Puji Kinerja DPR
Warta Kota/Hamdi Putra
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (ke-dua dari kanan) dalam rilis hasil survei Kinerja DPR di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018). 

PADA pemilu 2019 mendatang untuk pertama kalinya pileg dan pilpres akan diselenggarakan secara bersamaan.

Mengingat masa jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan habis pada tahun depan, Asumsi bersama Charta Politika mengadakan survei tentang kinerja DPR RI.

Survei tersebut dilakukan di 8 kota besar Indonesia dengan melibatkan 800 partisipan. Tujuannya adalah agar publik mengetahui dan dapat mengawasi kinerja DPR.

“Pastinya sangat penting bagi kita untuk tetap memantau para anggota legislatif di
Senayan sana. Apalagi, selama ini citra DPR masih sering dinilai negatif oleh banyak pihak, terutama menyangkut citra mereka dan tingkat kepercayaan masyarakat pada mereka,” ujar Pangeran Siahaan, Editor-in-Chief Asumsi dalam rilisnya di kawasan Senayan Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Hasil survei membuktikan sebanyak 34,8% responden menganggap bahwa DPR memiliki kinerja paling baik dibandingkan lembaga negara lainnya, seperti MPR dan DPD.

Sebanyak 44,8% responden menilai para anggota DPR telah bekerja secara optimal
dalam mengawasi pemerintahan saat ini. Hal ini terbukti dari 32,3% responden menganggap bahwa DPR telah bekerja dengan baik dalam memantau kebijakan-kebijakan yang dibuat Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Saya rasa, dari angka tersebut dapat disimpulkan kalau sikap DPR sudah lebih
terbuka pada rakyat. Makanya, rakyat bisa memberikan penilaian seperti itu,” tutur
Muslimin Tanja, Manajer Riset Charta Politika.

Keterbukaan DPR terhadap publik juga terlihat dari 38,8% responden yang berpendapat bahwa DPR periode berjalan sudah lebih terbuka dari periode sebelumnya berkat kemajuan teknologi.

"Contohnya, akun Twitter @WikiDPR bisa
menjadi salah satu alat memantau bagi rakyat. Menjamurnya media online juga memberikan kemudahan bagi para anggota DPR untuk menyalurkan informasi pada masyakarat. Makanya, tidak heran kalau banyak rakyat yang bisa menyerap informasi dengan lebih mudah dan menilai bahwa DPR sekarang menjadi lebih terbuka," kata Muslimin Tanja.

Kepemimpinan Bambang Soesatyo yang menggantikan Setya Novanto di DPR RI menggantikan Setya Novanto semakin menambah citra positif DPR di mata masyarakat Indonesia.

Bambang Soesatyo yang dilantik pada Januari 2018 lebih terbuka terhadap media, sehingga 26,5% responden menjawab dengan benar ketika ditanya siapa nama ketua DPR saat ini.

Di bawah kepemimpinan Bamsoet, publik pun menilai bahwa kinerja DPR mengalami
perbaikan. Sebanyak 39,5% responden mengakui hal tersebut, walaupun Bamsoet belum genap satu tahun menduduki kursi pimpinan DPR RI.

“Tentunya saya merasa senang dengan hasil tersebut. Itu bisa membuktikan kalau kami itu mulai memiliki citra yang lebih baik di mata masyarakat,” ucap Bamsoet merespon hasil survei ini.

Penulis: Hamdi Putra
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved