Hanya Dua Hari Gedung Putih Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk John McCain

Ini tak biasa lantaran Gedung Putih biasanya memberikan penghormatan kepada anggota parlemen yang meninggal sampai hari pemakaman.

Hanya Dua Hari Gedung Putih Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk John McCain
wsj.com
GEDUNG Putih, Amerika Serikat 

BENDERA negara AS di Gedung Putih tampak sudah dikibarkan satu tiang penuh pada Senin (27/8/2018), menandakan berakhirnya masa berkabung untuk Senator John McCain yang meninggal pada Sabtu (25/8/2018).

Hal tersebut tak biasa lantaran Gedung Putih biasanya memberikan penghormatan kepada para anggota parlemen yang meninggal dengan pengibaran bendera setengah tiang sampai pada hari pemakaman.

Baca: Pesan Terakhir Capres John McCain: Ngga Ingin Donald Trump Hadir di Pemakamannya

Melansir dari New York Post, McCain, yang meninggal di usia 81 tahun karena tumor otak yang dideritanya, baru dijadwalkan akan dimakamkan pada Minggu (2/9/2018) mendatang di Akademi Angkatan Laut AS di Annapolis, Maryland.

Sebelum dimakamkan, jenazah McCain akan disemayamkan di Arizona Capitol di Phoenix dan di Capitol Rotunda di Washington DC.

Baca: Capres John McCain Minta Barack Obama dan George W Bush Beri Pujian di Pemakamannya

Sementara Gubernur Arizona Doug Ducey telah memerintahkan gedung-gedung pemerintahan untuk mengibarkan bendera setengah tiang hingga petang saat hari pemakaman.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump juga membatalkan rilis pernyataan Gedung Putih yang memberikan pujian kepada anggota senator sekaligus eks tawanan Perang Vietnam tersebut dan memilih mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga mendiang melalui sebuah twit pada Minggu (26/7/2018).

Baca: Trump Larang Gedung Putih Beri Pujian ke Mendiang Senator John McCain

Hubungan antara Presiden Trump dengan McCain memang diketahui cukup buruk, terutama dalam beberapa tahun terakhir setelah Trump terpilih sebagai presiden AS.

Trump sempat menyindir status pahlawan perang yang disematkan pada McCain karena pernah ditangkap dan disiksa pasukan Vietnam saat perang.

Akibat hubungan buruk di antara keduanya, McCain dikabarkan berpesan kepada Gedung Putih agar tidak mengizinkan Trump hadir dalam pemakamannya. (Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gedung Putih Akhiri Pengibaran Bendera Setengah Tiang untuk McCain"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved