Emak-emak Enerjik Lomba Dongeng Rangsang Minat Baca Anak

Emak - emak di Kota Tangerang tampak enerjik mengikuti perlombaan mendongeng pada Selasa (28/8/2018).

Emak-emak Enerjik Lomba Dongeng Rangsang Minat Baca Anak
Warta Kota/Andika Panduwinata
Seorang ibu saat mengikuti lomba mendonmgeng, Selasa (28/8). 

EMAK-EMAK di Kota Tangerang tampak enerjik mengikuti perlombaan mendongeng pada Selasa (28/8/2018).

Hal ini dilakukan guna merangsang minat baca pada anak - anak.

Mereka tergabung dalam kader PKK dari seluruh Kecamatan mengikuti lomba mendongeng yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD), di Aula gedung Windu Karya. Peserta menunjukan penampilan terbaiknya dalam bercerita.

Ibu-ibu saat menunggu giliran untuk mengikuti lomba mendongeng, Selasa (28/8).
Ibu-ibu saat menunggu giliran untuk mengikuti lomba mendongeng, Selasa (28/8). (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Kegiatan pembukaan yang dihadiri oleh Ketua PKK Kota Tangerang Aini Suci Arief R.Wismansyah itu merupakan even pertama kali diadakan oleh DPAD guna meningkatkan minat membaca pada anak usia dini.

Plt Kepala DPAD, Meita Bachraeni menjelaskan dijadikannya emak - emak kader PKK sebagai peserta lomba dongeng guna memaksimalkan peran ibu dalam menyampaikan informasi. Dan kegemaran membaca kepada anak-anak.

Menurutnya upaya ini bagian dari mendukung program Tangerang Smart City.

"Kami harapkan melalui lomba ini dapat mendorong keluarga menghasilkan generasi yang cerdas serta berkualitas sehingga kedepannya menjadi bagian dari SDM penerus pembangunan Kota Tangerang," ujar Meita.

Sementara itu Ketua PKK Kota Tangerang, Aini Suci Arief R. Wismansyah mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh DPAD.

Ia menyebut melalui mendongeng dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan minat dan partisipasi membaca kepada anak - anak.

"Karena sekarang minat baca partisipasi sedikit, kita mulai dari ibu - ibu dengan baca dapat mendidik generasi yang berwawasan luas," ucap Aini.

Dirinya menerangkan Tim Penggerak PKK juga telah mengadakan berbagai kegiatan guna meningkatkan minat baca pada anak. Satu di antaranya yakni memberikan materi kepada ibu - ibu bagaimana cara - cara mendongeng yang baik agar pesan yang disampaikan dapat diterima oleh anak.

"Orangtua adalah model bagi anak - anaknya, jadi kegemaran membaca kalau kita bawa ke rumah akan menghadirkan kebiasaan baik untuk anak. Dapat dimulai dari anak usia dini dengan membacakan dongeng lalu diajak membaca sendiri," katanya. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved