Donald Trump Akhirnya Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk Mendiang John McCain

"Untuk menghormatinya, saya telah menandatangani pengibaran bendera setengah tiang sampai hari pemakamannya," kata Donald Trump.

Donald Trump Akhirnya Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk Mendiang John McCain
William Cain/Spencer Platt/Getty Images via indy100.com
JOHN McCain dan Donald Trump 

SETELAH mendapat tekanan, Presiden Amerika Serikat Donald Trump merilis pernyataan resminya untuk menyampaikan penghormatan kepada mendiang senator yang juga mantan Capres AS John McCain (81).

ABC News mewartakan, Trump sempat menolak pertanyaan dari wartawan sepanjang hari di Gedung Putih mengenai pemberian penghormatan kepada McCain.

Baca: Trump Larang Gedung Putih Beri Pujian ke Mendiang Senator John McCain

"Terlepas dari perbedaan kami dalam kebijakan dan politik, saya menghormati jasa Senator John McCain kepada negara kami," ucap Trump dalam sebuah pernyataan, Senin (27/8/2018).

"Untuk menghormatinya, saya telah menandatangani pengibaran bendera setengah tiang sampai hari pemakamannya," imbuh Trump.

Baca: Hanya Dua Hari Gedung Putih Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk John McCain

Dalam pernyataan itu, pria berusia 72 tahun itu mengaku akan mengabulkan permintaan keluarga McCain, yaitu transportasi militer untuk membawa jenazah McCain dari Arizona ke Washington DC.

Upacara pemakaman akan digelar di Akademi Angkatan Laut AS dan Trump mengirim perwakilan pemerintah untuk hadir.

"Saya meminta Jenderal John Kelly, Menteri (Pertahanan) James Mattis, dan Penasihat Keamanan John Bolton untuk mewakili pemerintahan saya," katanya.

Baca: Pesan Terakhir Capres John McCain: Ngga Ingin Donald Trump Hadir di Pemakamannya

Trump yang kerap berselisih dengan McCain mendapat kecaman karena mengibarkan bendera dengan tiang penuh di Gedung Putih pada Senin lalu.

Padahal, Gedung Putih biasanya memberikan penghormatan kepada para anggota parlemen yang meninggal dengan mengibarkan bendera setengah tiang sampai pada hari pemakaman.

Keluarga McCain disebut meminta agar Trump tidak menghadiri pemakaman McCain, sedangkan Wakil Presiden AS Mike Pence justru diundang.

Baca: Capres John McCain Minta Barack Obama dan George W Bush Beri Pujian di Pemakamannya

Sementara, dua mantan presiden AS yaitu Barack Obama dan George W Bush akan menyampaikan pidato untuk mengenang McCain pada Sabtu mendatang.

Hubungan antara Trump dengan McCain memang diketahui cukup buruk, terutama dalam beberapa tahun terakhir setelah Trump terpilih sebagai presiden AS.

Trump sempat menyindir status pahlawan perang yang disematkan pada McCain karena pernah ditangkap dan disiksa pasukan Vietnam saat perang. (Veronika Yasinta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trump Akhirnya Sampaikan Penghormatan untuk Mendiang McCain"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved