Sarana Prasarana

800 Unit Jamban Super-Canggih Bio Septic Tank Dipasang di Pemukiman Warga Kota Tangerang

Bio Septic Tank ini memiliki kapasitas yang beragam yakni mulai dari ukuran 600 liter, 1.500 liter, 3.000 liter, 5.000 liter, dan 20.000 liter.

800 Unit Jamban Super-Canggih Bio Septic Tank Dipasang di Pemukiman Warga Kota Tangerang
Warta Kota/Andika Panduwinata
Bio Septic Tank yang dipasang di rumah-rumah warga di Kota Tangerang sepanjang Agustus 2018. 

WARTA KOTA, TANGERANG--- Jamban super-canggih yakni Bio Septic Tank dipasang di pemukiman warga Kota Tangerang.

Program pemasangan Bio Septic Tank ini dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Tangerang sebanyak 1.671 unit di rumah warga yang tersebar di 13 kecamatan.

Kepala Seksi Dinas Perkim, Shandy Sulaeman menjelaskan, hingga triwulan ketiga pada Agustus 2018 ini telah dipasang sebanyak 800 unit atau 50 persennya.

"Sedangkan sisanya ditargetkan akan selesai dalam waktu dekat karena sudah dalam proses pemasangan," ujar Shandy, Selasa (28/8/2018).

Baca: Warga Duri Utara Tinggalkan Kebiasaan Pakai Jamban untuk Beralih Gunakan Septic Tank

Dia menjelaskan, bio septic tank merupakan inovasi terbaru dalam program Jamban Sehat. Alat ini sudah mengalami proses ujian dari Penelitian dan Pengembangan dan Komite Akreditasi Nasional (KAN), serta Kementrian PUPR.

"Bio Septic Tank ini memiliki kapasitas yang beragam yakni mulai dari ukuran 600 liter, 1.500 liter, 3.000 liter, 5.000 liter hingga yang terbesar yaitu 20.000 liter," ujarnya.

"Biasanya untuk satu keluarga dipasang ukuran 600 liter dengan asumsi bisa digunakan dalam kurun waktu 10 - 15 tahun," ucap Shandy.

Nantinya, setiap enam bulan sekali akan diberikan kaporit yang bertujuan untuk menghancurkan bakteri yang ada di dalam bio septic tank tersebut sehingga bisa bertahan lebih lama lagi.

Baca: Kodim 0507 Bekasi Bakal Bongkar Jamban di Saluran Sekunder Kali Bekasi

"Di Kota Tangerang, Bio septic tank yang dipakai adalah ukuran 600 liter dan diharapkan bisa terpakai dalam waktu yang lama. Walaupun, Pemerintah Kota Tangerang akan terus melakukan pengawasan jika adanya kendala di lapangan setelah terpasang," kata Shandy.

Shandy berharap, program Jamban Sehat melalui masangan Bio Septic Tank ini maka masyarakat tak lagi  membuang air besar di kali atau kebun dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Pemerintah Kota Tangerang dalam waktu lima tahun ini fokus pada pemenuhan kehidupan rumah warga yang layak dengan bangunan hunian standar dan memiliki jamban," ucap Shandy.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help