Musim Kemarau SDA Upayakan Pengerukan Saluran Air di Beberapa Titik di Jakarta Timur

Mengatasi masalahan genangan ketika musim penghujan tiba, sejumlah saluran penghubung (PHB) di Jakarta Timur akan dinormalisasi.

Musim Kemarau SDA Upayakan Pengerukan Saluran Air di Beberapa Titik di Jakarta Timur
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Alat berat mengeruk lumpur Kali Betik di Koja, Senin (16/10). 

MENGATASI masalahan genangan ketika musim penghujan tiba, sejumlah saluran penghubung (PHB) di Jakarta Timur akan dinormalisasi.

Pengerukan akan dilakukan pada saat musim kemarau.

Sehingga ketika musim penghujan tiba, saluran air dapat mengalir lancar sehingga tidak terjadi genangan. Salah satu proyek yang mulai dikerjakan yakni PHB di Jalan Laut Banda, Duren Sawit.

Kasudin SDA, Mustajab mengatakan normalisasi yang dilakukan setelah pihaknya melihat beberapa lokasi yang rawan genangan. Dan ketika masuk musim panas, pihaknya bergerak cepat untuk melakukan pengerukan.

"Justru musim kemarau seperti ini kita lakukan upaya pengerukan, salah satunya di
jalan Laut Banda, dua alat berat juga sudah kita siapkan, sehingga diharapkan pengerjaan segera rampung," kata Mustajab, Senin (27/8/2018).

Dikatakan Mustajab, untuk mempercepat pengerjaan, penggalian sudah mulai dilakukan sejak tiga pekan lalu. Pihaknya menggunakan dua eskavator agar normalisasi sesuai dengan target dalam pengerjaannya.

"Karena kami menargetkan normalisasi dapat rampung pada akhir September mendatang," katanya.

Selain itu, nantinya saluran air akan dikeruk dengan kedalaman sekitar 2,5 meter dan lebar sekitar 2,8 meter. Pengerjaan pengerukan itu pun dilakukan sepanjang 600 meter saluran air yang ada.

"Untuk anggaran pekerjaan ini menyatu dengan normalisasi Saluran PHB Jalan Raya Cacing, yang nilainya mencapai Rp.53 miliar," katanya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help