BIN Bantah Tak Netral Dalam Pemulangan Neno Warisman dari Pekanbaru

Badan Intelejen Nasional (BIN) membantah tudingan tidak netral saat memulangkan Neno Warisman

BIN Bantah Tak Netral Dalam Pemulangan Neno Warisman dari Pekanbaru
Warta Kota/Feryanto Hadi
Juru Bicara Kepala BIN Wawan Hari Purwanto saat menggelar konferensi pers di Pancoran, Senin (27/8/2018) malam. 

Badan Intelejen Nasional (BIN) membantah tudingan tidak netral saat memulangkan Neno Warisman dari Pekanbaru ke Jakarta, Sabtu (25/8/2018) lalu.

Neno datang ke Pekanbaru memenuhi undangan panitia setempat yang akan melakukan deklarasi #2019gantipresiden.

"Rencana kehadiran Neno Warisman ke Riau dalam acara #2019GantiPresiden telah menuai pro dan kontra. Sementara pihak Kepolisian Daerah Riau juga tidak memberikan izin atas acara tersebut," ujar Juru Bicara Kepala BIN Wawan Hari Purwanto saat menggelar konferensi pers di Pancoran, Senin (27/8/2018) malam.

Wawan menyebut BIN, yang diwakili oleh Kabinda (Kepala BIN daerah) di Pekanbaru, Marsma TNI Rakhman Haryadi, bertugas memastikan aturan tersebut terlaksana.

Apalagi, imbuhnya, ada aksi penolakan dari pihak lain terkait deklarasi yang akan dilakukan.

"Ketika ada pengajuan izin bahwa Neno Warisman mau berkunjung dan memberikan orasi dalam acara tersebut dan ternyata tidak mendapatkan izin, maka Binda dan aparat keamanan setempat wajib menjaga tegaknya wibawa aturan tersebut, Neno Warisman tetap tidak diperkenankan untuk menghadiri acara tersebut," imbuhnya.

Langkah yang diambil Kabinda Riau, menurut Wawan, diperlukan agar tidak terjadi kericuhan karena adanya penolakan terhadap Neno.

Sebab, Kabinda di Provinsi merupakan penanggung jawab Kominda (Komite Intelijen Daerah) yang memiliki tugas harus berada di garis depan guna mengambil langkah preventif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Hal ini adalah langkah antisipasi agar tidak terjadi bentrokan dengan masyarakat yang menolak kehadiran Neno," imbuh Wawan.

Imbauan meminta Neno meninggalkan Pekanbaru disebut sebagai jalan terbaik.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved