Gempa Bumi

500 Lampu dari Limbah AHASS Honda Karya SMK Binaan Wahana ‘Terangi’ Pengungsi Lombok

“Karena listrik sulit, bantuan lampu sollar sell ini juga dapat digunakan sebagai sarana untuk charge HP dan alat hiburan."

500 Lampu dari Limbah AHASS Honda Karya SMK Binaan Wahana ‘Terangi’ Pengungsi Lombok
Istimewa
TIM komunitas Honda CRF Mataram membantu mendistribusikan lampur solar sell ke wilayah pengungsi gempa Lombok yang sulit ditempuh. 

DUKA Lombok belum juga berakhir, beberapa gempa susulan masih terus terjadi hingga kini dan jumlah pengungsi yang terus bertambah memerlukan banyak bantuan.

Yayasan Wahana Artha Group (YWA) memberikan langsung bantuan 500 lampu penerangan hasil karya salah satu SMK binaan Wahana ke tiga lokasi bencana di Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, Kamis (23/8/2018).

Distribusi yang berjalan sejak 23 hingga 24 Agustus dilakukan langsung oleh Yayasan Wahana Artha kepada pengungsi. Desa yang mendapatkan bantuan tersebut merupakan lokasi yang terdampak besar gempa seperti desa Lendang Bajur, Balekuwu, dan desa Medas.

WAHANA memberikan langsung bantuan korban Gempa Lombok.
WAHANA memberikan langsung bantuan korban Gempa Lombok. (Istimewa)

Selain pangan dan pakaian, sarana penerangan juga jadi masalah para pengungsi di malam hari, maka bantuan lampu yang dibuat dari hasil olah limbah bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Jaringan Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Buana Smart Light dipilih sebagai bantuan yang tepat.

“Gempa susulan yang kerap terjadi di Lombok ini merusak beragam fasilitas penting masyarakat salah satunya suplai listrik. Untuk memberikan kemudahan beraktivitas pengungsi di malam hari kami distibusikan 500 unit lampu sollar sell,” papar Ketua Umum Yayasan Wahana Artha, Ronnal Prawira, dalam rilis yang diterima Warta Kota.

WAHANA memberikan langsung bantuan untuk korban Gempa Lombok.
WAHANA memberikan langsung bantuan untuk korban Gempa Lombok. (Istimewa)

Lampu dari Limbah AHASS

Dia menambahkan, sollar sel ini merupakan hasil karya kreatif SMK Binaan Wahana, SMK Jaya Buana yang berhasil menciptakan lampu dengan bahan limbah AHASS. Karya mereka juga berhasil mendapatkan juara 2 dalam ajang Kontes Astra Honda Best Student 2018 (AHMBS) yang digelar awal Agustus ini.

YWA juga melibatkan tim komunitas Honda CRF Mataram  untuk membantu pendistribusian bantuan wilayah yang sulit di tempuh akibat dampak gempa.

WAHANA memberikan langsung bantuan korban Gempa Lombok.
WAHANA memberikan langsung bantuan korban Gempa Lombok. (Istimewa)

Tidak hanya lampu, Wahana juga berikan bantuan tunai melalui  kantor perwakilan Honda Sales Operation (HSO) Mataram senilai Rp 250 Juta rupiah.

Bantuan yang di terima langsung oleh Region Head HSO Mataram, Wahyudi Saputra diharapakan dapat tersalurkan untuk korban bencana secara tepat  karena mengetahui beragam kondisi korban di lokasi.

WAHANA memberikan langsung bantuan untuk para korban Gempa Lombok.
WAHANA memberikan langsung bantuan untuk para korban Gempa Lombok. (Istimewa)

Ketua Yayasan Wahana Artha yang ikut langsung berikan bantuan kepada  masyarakat setempat mendapatkan respon positif terhadap bantuan ini.

“Karena listrik sulit, bantuan lampu sollar sell ini juga dapat digunakan sebagai sarana untuk charge HP, dan bisa dijadikan alat hiburan untuk pengungsi,” jelas Ronnal.

Dia berharap duka Lombok dapat segera selesai dan masyarakat dapat melanjutkan kehidupan normal. (*)

Penulis: Fred Mahatma TIS
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved