Warga Antusias Menyambut Festival Ondel-ondel Bintaro

Festival ondel-ondel ini diharapkan dapat memberikan dampak yang luas kepada masyarakat Bintaro dalam aspek ekonomi.

Warga Antusias Menyambut  Festival Ondel-ondel Bintaro
Warta Kota/Feryanto Hadi
Penyelenggaraan festival ondel-ondel disambut meriah warga. 

KEGIATAN festival ondel-ondel Bintaro kembali digelar di sepanjang jalan Bintaro Taman Barat Sektor 1, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada 25-26 Agustus 2018. Ribuan masyarakat tumpah ruah dalam gelaran hari pertama kegiatan tersebut yakni Sabtu (25/8/2018).

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali membuka kegiatan itu.

Dia mengatakan, festival ondel-ondel digelar sebagai upaya melestarikan seni budaya betawi, salah satunya membuat replika topeng ondel-ondel terbanyak yang dipakai untuk gerak jalan sebanyak 5.000 peserta.

Selain diisi dengan berbagai budaya betawi, festival ondel-ondel ini juga diisi dengan berbagai kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui bazar.

Marullah berharap, dengan festival ondel-ondel ink dapat memberikan dampak yang luas kepada masyarakat Bintaro dalam aspek ekonomi.

"Diharapkan, kegiatan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat dibanggakan di Provinsi DKI Jakarta," terangnya.

Sementara itu, Koordinator Acara Dhani menambahkan, Festival Ondel-ondel ini di inisiasi oleh masyarakat Bintaro melalui Karang Taruna.

Dhani mengharapkan dengan adanya Festival Ondel-ondel ini seluruh komponen masyarakat dapat bersatu padu secara harmonis dalam rangka melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisional betawi.

"Sehingga tetap eksis dan tidak tergerus oleh deras arus globalisasi bahkan dapat bersaing di kota metropolitan yang serba modern ini," tukasnya.

Sementara itu, Lurah Bintaro Dimas Prayudi menuturkan, selain untuk merayakan HUT RI ke-73, festival ini juga merupakan salah satu cara untuk terus memperkenalkan, mempertahankan, juga mengembangkan budaya Betawi di Jakarta tak terkecuali Jakarta Selatan.

"Merupakan suatu bentuk kecintaan dari kami Kelurahan Bintaro, untuk dapat selalu mengenalkan ataupun mempertahankan budaya Betawi agar tidak tergerus arus globalisasi saat ini," terangnya.

Warga Bintaro, Bima Setiadi (32) mengaku antusias menghadiri kegiatan tersebut. Ia berharap, melalui kegiatan ini, kecintaan terhadap budaya Betawi tidak akan pudar pada jaman serba modern ini.

"Harapan kami sebagai masyarakat Betawi, agar budaya Betawi dapat bertahan dan juga dapat dilestarikan kepada anak cucu generasi penerus di masa mendatang," katanya.

Penyelenggaraan festival ondel-ondel disambut meriah warga.
Penyelenggaraan festival ondel-ondel disambut meriah warga. (Warta Kota/Feryanto Hadi)
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help