Tips Berwirausaha dari Jokowi: Fokus dan Jangan Gonta-ganti Bisnis

Presiden Joko Widodo menyarankan para pebisnis baru fokus dan konsisten saat mengembangkan suatu bisnis.

Tips Berwirausaha dari Jokowi: Fokus dan Jangan Gonta-ganti Bisnis
Warta Kota/Henry Lopulalan
Yohanes Ande Kala alias Johny saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo dalam agenda silaturahmi Presiden dengan para teladan nasional, pasukan pengibar bendera pusaka, dan gita bahana nasional di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018). 

PRESIDEN Joko Widodo menyarankan para pebisnis baru fokus dan konsisten saat mengembangkan suatu bisnis. Menurutnya, hal tersebut merupakan kunci sukses saat berwirausaha.

"Saya dulu keluar dari perusahaan mulai usaha. Jalani terus secara konsisten. Hanya memang bila masih memulai, ya sebaiknya menurut saya fokus saja, jangan gonta-ganti," ujar Jokowi di hadapan ratusan pebisnis muda di acara Youth on Top National Conference di Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/8/2018).

Pebisnis di bidang kayu dan mabel itu mendorong para pemuda, agar selalu melihat peluang yang ada. Saat keputusan sudah diambil, katanya, konsisten lah dalam keputusan tersebut.

Baca: Fahri Hamzah Sebut Pemecatan Dirinya oleh PKS Peradilan yang Nyaris Tanpa Kertas

"Saya lihat teman-teman saya yang tidak cepat meloncat karena gonta-ganti. Misal jual bambu, jadi batu, apalagi ganti terus. Semakin ndak fokus semakin bingung. Saya yakin betul dulu bisnis kayu misalnya karena pasar ekpornya besar. Terus saja saya lakukan," tuturnya.

Mantan Wali Kota Solo ini mengingatkan bahwa setiap usaha memiliki risiko dan tantangan. Namun, hal tersebut tak boleh menjadikan seseorang takut untuk mulai berwirausaha.

"Setiap bisnis pasti ada masalah, pasti. Enggak ada yang mulus tuh enggak ada. Yang masih mahasiswa, pelajar mulai aja tidak apa-apa, mulai saja," sarannya. (Ria Anatasia)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help