Kompor Gas Meletup, 5 Rumah Petak di Tanah Baru Depok Terbakar

Sebanyak lima rumah petak kontrakan di Jalan Palakali, RT 1/ RW 11, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, terbakar.

Kompor Gas Meletup, 5 Rumah Petak di Tanah Baru Depok Terbakar
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Kebakaran rumah kontrakan di Tanah Baru, Depok. 

LIMA rumah petak berupa rumah kontrakan di Jalan Palakali, RT 1/ RW 11, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, terbakar, Jumat (24/8/2018) pagi.

Api mulai membakar rumah petak kontrakan yang berdempetan itu sekira pukul 05.30.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Gandara Budiana menyebutkan dari hasil pemeriksaan dan penyelidikan, diketahui penyebab api karena meletupnya kompor gas di salah satu rumah kontrakan yang sedang digunakan untuk memasak.

Diduga ada kebocoran di tabung atau pada selang elpiji 3 kg yang sedang dipakai untuk memasak.

"Jadi, penyebab api adalah karena kompor memasak di salah satu rumah kontrakan yang sedang digunakan. Kompor menggunakan elpiji 3 Kg, dan ada kebocoran saat dipakai. Sehingga api meletup dan menyambar ke bagian rumah lainnya," kata Gandara, Jumat (24/8/2018) siang.

Menurut Gandara pihaknya menurunkan 5 mobil pemadam dan 16 personel ke lokasi kejadian. "Dalam waktu sekitar sejam, api berhasil dikuasai termasuk sudah dilakukan pendinginan untuk mencegah api muncul kembali," kata Gandara.

Ia memastikan tidak ada korban jiwa dan korban luka dalam peristiwa ini. Namun jumlah kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Saat kejadian para penghuni kontrakan berhamburan dan panik. Mereka berupaya menyelamatkan barang berharga mereka," katanya.

Beberapa penghuni kata dia juga sempat berupaya memadamkan api. "Namun api sudah terlalu besar dan akhirnya membakar lima petak rumah kontrakan di sana," katanya.

Wakapolsek Beji Ajun Komisaris I Ketut Garis memastikan bahwa penyebab kebakaran adalah kompor masak yang mengalami kebocoran tabung gas.

"Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan sejumlah saksi, api diketahui berasal dari kompor yang dipakai memasak mengalami kebocoran tabung gas," katanya.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help