Amien Rais Ungkap Lembaga Survei Ini Tawar Menawar Hasil yang Bisa Mengubah Hasil Survei

Sebelum melaksanakan penelitian, lembaga survei ternama yang dimaksud mendatangi kubu pengusung pasangan calon untuk tawar menawar.

Amien Rais Ungkap Lembaga Survei Ini Tawar Menawar Hasil yang Bisa Mengubah Hasil Survei
Warta Kota/Hamdi Putra
Sejumlah tokoh partai politik pengusung capres-cawapres Prabowo-Sandi serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bergandengan tangan saat syukuran HUT PAN ke-20 di kantor DPP PAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (23/8/2018) malam. Sandiaga Salahudin Uno tampak berdiri di antara Rhoma Irama dan Amien Rais. 

KETUA Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais membuat sindiran kepada salah satu lembaga survei terkait pasangan capres-cawapres yang akan berlaga pada Pilpres 2019 mendatang.

Walaupun tidak menyebutkan nama lembaga survei, diduga, sindiran tersebut ditujukan kepada Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

LSI Denny JA telah merilis hasil survei terhadap 1.200 responden yang menempatkan pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dengan perolehan suara 52,2 persen atau unggul atas pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno yang hanya memperoleh suara sebanyak 29,5 persen.

Terkait hal itu, Amien Rais dalam pidatonya saat syukuran HUT PAN ke-20 di kantor DPP PAN Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Kamis (23/8/2018) malam, secara tersirat diduga menyindir LSI Denny JA.

Pria yang dikenal sebagai lokomotif reformasi itu mengambil perumpamaan sebuah negara antah-berantah yang akan melaksanakan pesta demokrasi berupa pemilihan kepala negara.

Di negara tersebut, terdapat lembaga survei ternama yang hendak melakukan penelitian untuk melihat elektabilitas pasangan calon yang akan berlaga.

Akan tetapi, sebelum melaksanakan penelitian, lembaga survei ternama yang dimaksud mendatangi kubu pengusung pasangan calon untuk tawar menawar hasil.

"Pak, kalau ada dana sekian nanti hasilnya pasti bagus. Tapi, ditolak, tiba-tiba nongol hasil yang tidak bagus. Ini, saya kira, ada hikmahnya bagi salah satu pasangan karena bisa memacu semangat dan motivasi. Kalau ada yang menjelekkan-jelekkan biarkan saja, kita fokus pada pemenangan," ujar Amien Rais.

Amien Rais berkata demikian di depan sejumlah tokoh yang hadir dalam HUT PAN ke-20, baik dari internal partai maupun eksternal partai.

Para tokoh yang hadir di antaranya Zulkifli Hasan, Eddy Soeparno, para deklarator PAN 20 tahun yang lalu, Ketua Umum PKS Sohibul Iman dan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan.

Ada juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono, Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso, Ketua Tim Sukses Prabowo-Sandi Jenderal (Purn) Djoko Susilo, raja dangdut Rhoma Irama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta cawapres Sandiaga Salahuddin Uno.

Penulis: Hamdi Putra
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help