Pilpres 2019

The Power of Emak-emak Super Jokowi Siap Menangkan Jokowi-Maruf Amin

Dukungan untuk capres-cawapres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin terus mengalir dari berbagai kalangan dan organisasi.

The Power of Emak-emak Super Jokowi Siap Menangkan Jokowi-Maruf Amin
Warta Kota/Hamdi Putra
Deklarasi Suara Perempuan (Super) Jokowi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/8/2018). 

DUKUNGAN untuk capres-cawapres Joko Widodo dan Maruf Amin terus mengalir dari berbagai kalangan dan organisasi.

Kali ini, ratusan perempuan menyatakan dukungannya melalui Deklarasi Suara Perempuan (Super) Jokowi di Hall Nyai Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis (23/8/2018).

Koordinator Nasional Gerakan Super Jokowi, Ida Fauziyah mengatakan bahwa perempuan merupakan motor penggerak yang efektif dalam menggalang dukungan dari tingkat terendah yakni keluarga.

Menghadapi pesta demokrasi tahun depan, Gerakan Super Jokowi membawa pesan 'Pemilu Damai, Tolak Berita Bohong dan Bijak Menggunakan Medsos'.

"Kami yakin perempuan itu punya kekuatan. Kami yakin the power of emak-emak mampu meyakinkan dan menggerakkan massa mulai dari keluarga untuk mendukung Pak Jokowi dan Pak Maruf Amin pada Pilpres 2019," ujar Ida Fauziyah.

Walaupun persiapan deklarasi terbilang singkat yakni hanya beberapa hari, Ida Fauziyah mengklaim Gerakan Super Jokowi telah memiliki koordinator wilayah (korwil) di 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Dalam waktu seminggu ke depan, masing-masing korwil akan ditugaskan membentuk koordinator cabang (korcab) di tingkat kabupaten/kota hingga akhirnya sampai pada tingkat desa di seluruh pelosok Nusantara.

"Ini adalah ruang terbuka bagi perempuan untuk mengekspresikan dukungannya kepada pasangan Pak Jokowi dan Pak Maruf Amin. Mereka datang dengan kesadaran, kami berkumpul dengan kesadaran. Kami tidak didorong oleh siapapun. Kami datang dengan suatu keyakinan bahwa Indonesia akan lebih baik lagi," tutur Ida Fauziyah.

Dijelaskannya, Gerakan Super Jokowi bukan hanya sekadar kumpulan perempuan, akan tetapi lebih dari itu kehadiran mereka adalah untuk membangun Indonesia yang lebih baik oleh perempuan yang dimulai dari pembangunan keluarga berkualitas.

"Pembangunan negara yang berkualitas itu dimulai dengan membangun keluarga. Keluarga berkualitas itu terpenuhi kebutuhannya, pendidikannya, ekonominya, harmonisasi dengan lingkungannya, kesehatan yang baik dan cinta tanah air dalam keberagaman. Teman-teman yang bergerak di bidang ekonomi akan menjadi motor bagi ekonomi keluarga," ucapnya.

Hasil penelitian terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA memang menempatkan pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai unggulan dengan perolehan suara mencapai 52,2 persen berbanding 29,5 persen untuk pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Namun, hasil survei juga menunjukkan bahwa kalangan perempuan dan generasi milenial lebih condong memilih pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Ketika ditanya apakah tujuan pembentukan Gerakan Super Jokowi adalah untuk mengimbangi dan menjadi solusi serta tandingan pendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno, Ida Fauziyah menjawab normatif.

"Saya tidak tahu ini tandingan atau tidak. Di sini ada emak-emak, mama-mama muda, generasi milenial dan lain-lain. Kami tidak punya strategi khusus yang muluk-muluk. Di sini berkumpul perempuan lintas agama dan latar belakang yang siap memenangkan Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin," katanya. (M15)

Penulis: Hamdi Putra
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help