Asian Games 2018

Kesuksesan Eko Yuli Irawan Rebut Medali Emas Asian Games 2018 Berawal dari Menggembala Kambing

Pengorbanan meninggalkan keluarga sejak usia dini terbayar impas dan berbuah manis.

Kesuksesan Eko Yuli Irawan Rebut Medali Emas Asian Games 2018 Berawal dari Menggembala Kambing
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Lifter andalan Indonesia Eko Yuli Irawan saat dikalungkan medali emas oleh Presiden Joko Widodo di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018). 

TAKDIR Eko Yuli Irawan menjadi atlet angkat besi, berawal saat ia menyaksikan sekelompok orang berlatih angkat besi di sebuah klub di dekat rumahnya di Metro, Lampung.

Di sela-sela aktivitasnya menggembalakan kambing, lama kelamaan ia tertarik menjajal barbel. Saman, ayah Eko, saat wawancara selepas Olimpiade Brazil bersama Tribun Lampung menceritakan, putra sulungnya harus melewati perjuangan dan pengorbanan panjang untuk menjadi atlet.

Bahkan, untuk mewujudkan cita-citanya, ia harus rela tinggal jauh dari keluarga sejak kelas 5 SD. Berlatih di Bogor, Jawa Barat di bawah arahan tangan dingin Yon Haryono dan Joni Firdaus, bakat juara terus ditunjukkannya.

Baca: Dapat Medali Emas, Eko Yuli Irawan akan Pakai Uang Bonus untuk Beli Tanah dan Biaya Lahiran Anaknya

Pengorbanan meninggalkan keluarga sejak usia dini terbayar impas dan berbuah manis. Pada kompetisi perdana tingkat junior tahun 2002 di Indramayu, ia langsung menyabet emas pada kelas 35 kilogram.

Prestasi demi prestasi pun akhirnya dicatatkan Wawan selepas torehan medali perdananya di Indramayu. Hingga terakhir menyabet medali emas pada Asian Games 2018.

"Prestasi itu datang dari keinginan kuat dan semangat tinggi bagi yang mau meraihnya, bukan karena keadaan," ucap pria yang pernah menjadi penggembala kambing sebelum menjadi atlet itu. (Indra Simanjuntak)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help