Idul Adha 2018

Sapi Kurban Ini Mengamuk Lalu Tercebur ke Sumur Warga

‎Evakuasi melibatkan lebih dari tiga orang karena berat sapi yang cukup berat dan besar.

Sapi Kurban Ini Mengamuk Lalu Tercebur ke Sumur Warga
ISTIMEWA
Seekor sapi yang akan menjadi hewan kurban di Kampung Pasir Honje, Desa Padasuka, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, terperosok ke dalam sumur di sekitar Masjid Nurul Jihad, ketika warga sedang melaksanakan Salat Id, Rabu (22/8/2018). 

SEEKOR sapi yang akan dikurbankan di Kampung Pasir Honje, Desa Padasuka, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terperosok ke dalam sumur di sekitar Masjid Nurul Jihad, ketika warga sedang Salat Id, Rabu (22/8/2018).

Sumur tersebut rupanya tidak diberi pembatas dinding di sekelilingnya, dan hampir rata sejajar dengan tanah. Sapi tersebut saat kejadian sedang diikat di sekitar sumur bersama hewan kurban lainnya.

"Kejadiannya tadi sekitar pukul 07.00 WIB. Sapi masuk ke dalam sumur di Masjid Nurul Jihad. Saat ini sedang dalam proses evakuasi," ujar Sholehudin, petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Bandung via ponselnya.

Baca: Mau Disembelih Besok, Sapi Seharga Rp 21 Juta Tercebur ke Kali Angke

‎Evakuasi melibatkan lebih dari tiga orang karena berat sapi yang cukup berat dan besar.

"Evakuasi masih berlangsung, sapi beratnya 200 kg. Saat ini sapi berada di dasar sumur," katanya.

Soal penyebab sapi bisa terperosok ke dalam sumur, masih belum diketahui. Namun, sebelumnya dikabarkan bahwa sapi tersebut juga sempat kabur.

Baca: Sapi Tercebur ke Kali Angke karena Marah Diganggu Anak Kecil

Akhirnya, sapi seberat 200 kilogram yang terperosok ke dalam sumur sedalam sekitar 20 meter itu, bisa dievakuasi.

Evakuasi melibatkan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Bandung, dibantu warga sekitar.

Sapi yang berada di dasar sumur itu ditarik menggunakan tali yang dikaitkan dalam pengerek. Evakuasi membutuhkan waktu dua jam lebih, sejak terperosok sekitar pukul 06.50.

Sapi seberat 200 Kg yang terperosok ke dalam sumur sedalam sekitar 20 meter di Pasir Honje, Desa Padasuka, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung pada Rabu (22/8/2018), akhirnya bisa dievakuasi.
Sapi seberat 200 Kg yang terperosok ke dalam sumur sedalam sekitar 20 meter di Pasir Honje, Desa Padasuka, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung pada Rabu (22/8/2018), akhirnya bisa dievakuasi. (TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA)

"Setelah ditarik ke atas, langsung kami sembelih, karena kami khawatir sapinya malah sakit dan gagal kurban," jelas Pepen, Ketua DKM Nurul Jihad saat ditemui di depan masjid, Rabu (22/8/2018).

Ia menjelaskan, awalnya sapi baru diturunkan dari truk di sekitar masjid seusai salat Id. Saat itu, tiga sapi diturunkan hampir bersamaan. Namun, sapi yang terperosok itu mengamuk saat diturunkan.

"Sapi ini saat mau diturunkan langsung ngamuk dan kabur, mungkin stres karena dua sapi sebelumnya sudah diturunkan lebih dulu," papar Pepen.

Baca: Nikita Mirzani Mengaku Dibuntuti Orang Tak Dikenal yang Selalu Pakai Motor Sama

Saat mengamuk, sapi sempat melihat seorang anak kecil dan mengejarnya. Beruntung, anak kecil yang merupakan warga setempat itu langsung masuk rumah.

"Tapi sapinya justru masuk ke sumur yang tidak dibatasi tembok. Setelah itu kami menghubungi petugas damkar," bebernya. (Mega Nugraha)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help