Bagian Daging Kambing Kesukaan Nabi Muhammad SAW Ternyata Paling Sehat untuk Dikonsumsi

BAGIAN daging kambing kesukaan Nabi Muhammad SAW ternyata merupakan yang paling sehat untuk dikonsumsi.

Bagian Daging Kambing Kesukaan Nabi Muhammad SAW Ternyata Paling Sehat untuk Dikonsumsi
Agustin Setyo Wardani
Pencincangan hewan kurban di samping lapangan Masjid Al-Azhar Pusat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (4/10/2014) siang. Usai dipotong dan ditimbang, daging dimasukkan ke plastik berwarna merah untuk daging sapi dan putih untuk daging kambing yang akan dibagikan Sabtu pukul 14.00 siang. 

BAGIAN daging kambing kesukaan Nabi Muhammad SAW ternyata merupakan yang paling sehat untuk dikonsumsi.

Berdasarkan sejumlah sumber, salah satunya hidayatullah.com, menyebutkan bahwa bahwa Nabi Muhammad SAW sangat menyukai daging kambing, terutama bagian lengan dari daging seekor kambing. 

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam suka memakan daging kambing, terutama bahagian lengan dari daging seekor kambing. Abu Hurairah r.a. berkata: “Suatu ketika dihidangkan ke hadapan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam semangkuk bubur dan daging. Maka beliau mengambil bahagian lengan (dari daging tersebut), dan bahagian itulah yang paling disenangi oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam.” (HR. Muslim)

Selain  itu Nabi Muhammad Saw juga menyenangi memakan bagian paha dari daging kambing

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah disuguhi daging. Bagian kaki (dari daging itu atau paha) diberikan kepada Beliau. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukainya, maka beliau menggigit daging itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Masih berdasarkan tulisan di hidayatullah.com, para ulama terdahulu juga memberikan pendapat tentang keutamaan mengambil daging. Diantaranya :

Qadhi Iyadh berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassallam gemar mengambil daging bahagian lengan disebabkan oleh kematangannya, aroma yang wangi, rasa yang lazat, manis dan jauh dari tempat-tempat yang berbahaya.”

Al-Farzdaq berkata, “Ambillah daging bagian depan. Hindarilah kepala dan perut, karena keduanya adalah sarang penyakit.”

Memang Sehat

Kambing yang memicu darah tinggi memang hanya mitos. Namun, bukan beraryi anda bisa menyantap semua bagian kambing seenaknya.

Halaman
123
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved