Pilpres 2019

Survei LSI Denny JA: Kaum Milenial Pilih Ma'ruf Amin, Pemula Idolakan Sandiaga Uno 

Berdasarkan survei LSI Denny JA, Ma'ruf Amin mengungguli Sandiaga di segmen pemilih milenial atau rentang usia 20-39 tahun.

Survei LSI Denny JA: Kaum Milenial Pilih Ma'ruf Amin, Pemula Idolakan Sandiaga Uno 
Antara Foto/Hafidz Mubarak A; Kompas/Andreas Lukas Altobeli
MA'RUF Amin terpilih sebagai Cawapres Jokowi, sedang Sandiaga Uno menjadi Cawapres Prabowo Subianto, Kamis (9/8/2018). 

LINGKARAN Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan kekuatan dua bakal calon wakil presiden yakni Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Berdasarkan survei LSI Denny JA, Ma'ruf Amin mengungguli Sandiaga di segmen pemilih milenial atau rentang usia 20-39 tahun.

Baca: Survei LSI Denny JA: Sosok Cawapres Bikin Elektabilitas Jokowi Turun, Prabowo Naik

"Ma'ruf Amin unggul di segmen ini (milenial) dan generasi X hingga generasi babyboomer (usia diatas 40 tahun)," ujar peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby saat memaparkan hasil survei, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Dari 1.200 responden survei, sebanyak 41,4 persen di antaranya merupakan populasi generasi milenial dengan rentang waktu 20-39 tahun.

Dari jumlah populasi milenial, 44 persen memilih Ma'ruf Amin. Sementara itu, sebanyak 34 persen memilih Sandiaga Uno. Adapun 22 persen tidak memilih.

Hal serupa tejadi pada responden dengan rentang usaha 40 tahun atau di atasnya. Dari populasi 55,2 persen dari total responden, sebanyak 45 persen memilih Ma'ruf Amin, 27,1 persen memilih Sandiaga Uno, dan 27,9 tak menjawab.

Baca: Survei LSI Denny JA: Di Segmen Emak-emak, Jokowi-Maruf Amin Ungguli Prabowo-Sandi

Pemilih Pemula

Sandiaga bisa unggul dari Ma'ruf Amin pada segmen responden umur 19 tahun dan di bawahnya atau disebut pemilih pemula. Namun begitu, populasi segmen ini sangat kecil hanya 3,4 persen dari total jumlah responden.

Pada segmen pemilih pemula, sebanyak 50 persen memilih Sandiaga Uno. Sementara hanya 18,4 persen yang memilih Ma'ruf Amin. Sisanya 31,6 persen justru memilih tak menjawab.

Survei LSI Denny JA berlangsung pada 12-19 Agustus 2018. Metode yang digunakan yakni multistage random sampling di 34 provinsi.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner kepada responden sebanyak 1.200 orang. Adapun margin of error survei LSI Denny JA tersebut yakni 2,9 persen. (Yoga Sukmana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei LSI: Ma'ruf Dipilih Milenial, Sandiaga Magnet Pemilih Pemula"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help