Pilpres 2019

Debat Capres-Cawapres Bakal Disiarkan Live Streaming di Facebook

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan terobosan untuk meningkatkan partisipasi pemilih luar negeri di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Debat Capres-Cawapres Bakal Disiarkan Live Streaming di Facebook
ISTIMEWA
Pemilu 2019 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) melakukan terobosan untuk meningkatkan partisipasi pemilih luar negeri di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Salah satunya dengan cara memanfaatkan teknologi live streaming saat debat pasangan calon presiden-wakil presiden di Pilpres 2019.

Komisioner KPU Viryan Aziz mengatakan, pihaknya berupaya melakukan inovasi supaya pemilih luar negeri dapat menggunakan hak pilih. Melalui teknologi live streaming, kata dia, publik berhak mendapatkan akses menerima informasi saat kampanye.

Baca: Prabowo Subianto: Ulama dan Umat Islam Paling Rasakan Proses Penghancuran Ekonomi Indonesia

“Debat pilpres di live streaming dan FB (Facebook). Kami akan membuat live di FB. Asal modal kuota atau WiFi, dia bisa akses,” ujar Viryan, ditemui di Kantor KPU, Senin (20/8/2018).

Selain penggunaan teknologi live streaming saat debat pilpres, kata dia, teknologi itu juga akan dimanfaatkan untuk mencegah terjadi kecurangan.

Pada Pilpres 2014, menurut dia, pihak penyelenggara pemilu itu menggunakan drop box. Namun, dia menegaskan, penggunaan drop box dicurigai rentan terjadi manipulasi.

Baca: Ini Rahasia Zohri Bisa Lari Cepat

“Kami pikirkan instrumen tambahan, ketika ada titik orang datang di live streaming, faktual dan akan terekam,” tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan partisipasi pemilu luar negeri di Pemilu 2019 mengalami peningkatan mencapai 50 persen. Pada pesta demokrasi rakyat lima tahun lalu, angka partisipasi hanya sekitar 35 persen. (*)

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved