Tutut Soeharto Ungkap Alasan Ibu Tien Bangun Taman Mini Indonesia Indah

Jika TMII tidak dibangun sejak dahulu, pembangunannya di zaman sekarang akan memakan biaya yang sangat besar.

Tutut Soeharto Ungkap Alasan Ibu Tien Bangun Taman Mini Indonesia Indah
tamanmini.com
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) 

SITI Hardijanti Rukmana, putri pertama Presiden Kedua Republik Indonesia Soeharto, mengungkapkan alasan ibunya membangun Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Perempuan yang akrab disapa Tutut itu mengatakanm ibunya, almarhumah Hj Siti Hartinah Soeharto memiliki cita-cita untuk menyejahterakan masyarakat supaya sehat dan bahagia lahir batin dunia akhirat.

"Oleh karena itu, ibu membuat program pembangunan yang betul-betul diperlukan masyarakat. Salah satu di antaranya adalah TMII," kata Tutut saat diwawancara media di TMII, Minggu (19/8/2018).

Baca: Ingin Minta Nasihat Ahok, Sandiaga Uno Mengaku Sangat Untung Bertanya kepada Senior

Baca: Mbak Tutut Gambarkan Kerukunan Keluarga Cendana

Baca: Gatot Nurmantyo Malu-Malu Bikin Simbol Partai Berkarya Disebelah Tommy Soeharto

Tutut menjelaskan, ibunya berpikir bagaimana membuat warga Indonesia dapat melihat keanekaragaman Indonesia, tanpa harus mengelilingi pulau satu per satu.

Dengan pemikiran demikian, maka lahirlah TMII yang menghadirkan seluruh kebudayaan Indonesia dalam bentuk miniatur taman.

"Akhirnya ibu membuat Taman Mini itu miniatur dari Indonesia, yang kalau masyarakat ingin melihat Indonesia cukup datang ke sini, karena di sini sudah komplet budayanya dan lain sebagainya sudah ada. Dengan melihat itu seolah-olah melihat Indonesia, gitu," paparnya.

Baca: Ahok Bisa Kembali Berkarier di Politik pada 2020

Agar seluruh elemen masyarakat Indonesia dapat merasakan budaya yang terkandung dalam TMII, Tutut menjelaskan ibunya meminta supaya harga tiket masuk TMII tidak mahal.

"Jadi ibu selalu berharap, apa yang ibu bangun adalah untuk rakyat, bukan untuk keluarga atau siapa, tapi untuk rakyat supaya mereka juga dapat menikmati," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, adiknya, Siti Hediati Hariyadi atau yang akrab dipanggil Titiek Soeharto menjelaskan, jika TMII tidak dibangun sejak dahulu, pembangunannya di zaman sekarang akan memakan biaya yang sangat besar.

"Sekarang TMII ini hiburan untuk rakyat yang cukup murah. Jadi kalau kita lihat Hari Minggu ke sini penuh banget. Dan saya senangnya apa, mereka bisa sekeluarga gelar tiker terus makan bareng itu. Saya rasa ibu saya kalau lihat akan senang, bahwa apa yang beliau bangun ini bermanfaat untuk masyarakat," beber Titiek. (Brian Priambudi)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help