Pilpres 2019

Survei SMRC: Milenial yang Makin Sering Berinternet Cenderung Pilih Prabowo Subianto

Generasi milenial, kata Jayadi, salah satu karakteriktiknya adalah pengguna aktif internet.

Survei SMRC: Milenial yang Makin Sering Berinternet Cenderung Pilih Prabowo Subianto
TRIBUNNEWS/YANUAR NURCHOLIS MAJID
Ketua Dewan Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno Rachmawati Sukarnoputri menganugerahkan 'The Star of Soekarno' kepada bakal capres Prabowo Subianto, Jumat (17/8/2018). 

DIREKTUR Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Jayadi Hanan mengungkapkan, pihaknya menemukan fenomena baru terkait dukungan golongan milenial pada Pilpres 2019.

Temuan baru itu menyebut bahwa golongan milenial yang makin sering menggunakan internet, akan memiliki kencendurungan memilih bakal cawapres Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

"Kenapa begitu? Karena ada fenomena makin sering menggunakan internet, kecenderungan menguat kepada dukungan ke Prabowo makin besar," ujar Jayadi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/8/2018).

Baca: Peraih Medali Emas Asian Games 2018 Bakal Dapat Rumah, Diangkat Jadi PNS, dan Diberangkatkan Haji

Generasi milenial, kata Jayadi, salah satu karakteriktiknya adalah pengguna aktif internet. Milenial pengguna aktif intenet lebih banyak di perkotaan dibanding daerah perdesaan.

"Pengguna internet di pedesaan saat ini 27 persen, pengguna internet di perkotaan itu lebih dari 50 persen, itu artinya pengguna internet di perkotaan lebih banyak," jelas Jayadi.

Menurut survei yang dilakukan SMRC, pemilihan milenial di perkotaan cenderung berimbang memilih Prabowo Subianto maupun Joko Widodo (Jokowi).

Baca: Roy Suryo: Kalau Kebaikan Jokowi Dilebih-lebihkan Masyarakat Bisa Jadi Muak

"Di perkotaan menurut survie SMRC, setahun terakhir Prabowo cenderung kedudukannya berimbang dengan Jokowi," kata Jayadi.

Sehingga, Jayadi mengatakan, dalam urusan milenial, tantangan bagi Prabowo Subianto adalah bagaimana mengambil milenial yang ada di desa.

Sedangkan tantangan bagi Jokowi adalah bagaimana memperbesar, mempertahankan, dan bagaimana membuat suaranya unggul di perkotaan lebih jauh.

"Karena milenial pemilihnya menurut data yang saya punya, 55 persen kurang lebih, jadi tidak bisa diabaikan," ucap Jayadi. (Yanuar Nurcholis Majid)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved