Sepinnya di Gedung Harko Pasar Jembatan Merah Jakarta Pusat

Melongok kondisi di gedung Harko Pasar Jembatan Merah, Sawah Besar, Jakarta Pusat, terlihat sepi.

Sepinnya di Gedung Harko Pasar Jembatan Merah Jakarta Pusat
Warta Kota/ Panji Baskhara Ramadhan
Kondisi di Pasar Harko Jembatan Merah, Jakarta 

MELONGOK kondisi di gedung Harko Pasar Jembatan Merah, Sawah Besar, Jakarta Pusat, terlihat sepi.

Terhitung di gedung yang sekelilingnya nampak masih ada puing-puing reruntuhan material bangunan itu, hanya terisi sekitar 30-an pedagang alat teknis dan listrik.

Terpantau di lokasi, ratusan kios nampak tutup rapat. Hanya beberapa kios saja yang terisikan oleh pedagang alat teknik dan listrik.

Para pedagang ini, kebanyakan adalah korban penggusuran yang dahulunya sempat dagang di Jalan Pejagalan, tepatnya di depan Gedung Harko Pasar Jembatan Merah.

Sekeliling luar gedung, nampak masih banyak reruntuhan pembangunan gedung, dan terlihat juga reruntuhan bekas pembongkaran puluhan kios penampungan milik pedagang alat teknis dan listrik.

Mereka, kini menempati gedung tersebut.

Tak hanya itu, lantaran sepinya pembeli terpantau kebanyakan pedagang hanya sibuk mengobrol dengan pedagang lain dan ada yang bengong menanti datangnya pembeli.

"Yah begini lah pak kondisinya. Sepi, pembeli mana datang. Ya karena kondisi gedung saja masih dikelilingi seng. Mana bisa masuk para pembeli. Belum lagi, sepi sekali gedung ini kan dari pedagang," ucap salah seorang pedagang di Lantai I di Gedung Harko Pasar Jembatan Merah, Aweng (60), Senin (20/8/2018).

Sementara itu, Syaiful, sebagai Kepala Harko Pasar Jembatan Merah mengatakan sebanyak 160-an pedagang alat teknis dan listrik sudah menempati kios. Terkait total kios di gedung itu, tersedia 297 unit.

"Kami setidaknya memberikan para pedagang tempag dagang yang layak. Sebelumnya lokasi mereka berdagang di gedung yang lama dinilai sudah sangat rawan rubuh. Banyak tembok itu yang retak. Makanya, direlokasikan ke tempat sementara, lalu direlokasikan lagi ke gedung Harko Pasar Jembatan Merah," papar Syaiful. (BAS)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help