Ojek Online Daftar BPJS-TK, Go-Jek Tidak Penuh Menanggung Keselamatan Pengendara Mitranya

Go-Jek Indonesia tidak secara penuh menanggung keselamatan para pengendara yang menjadi mitranya.

Ojek Online Daftar BPJS-TK, Go-Jek Tidak Penuh Menanggung Keselamatan Pengendara Mitranya
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Ratusan pengendara ojek online itu yang mendaftar di tenda yang dibangun petugas di lapangan Kaliabang, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin (20/8/2018). 

WARTA KOTA, BEKASI---Sekitar 2.500 pengendara ojek online dari Go-Jek terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Kota Bekasi.

Bahkan diprediksi ada sekitar ratusan pengendara ojek online itu yang mendaftar di tenda yang dibangun petugas di lapangan Kaliabang, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin (20/8/2018).

Khaerul Umur, Go-Jek Indonesia untuk Driver Community Bekasi, mengatakan, pihaknya memang tidak secara penuh menanggung keselamatan para pengendara yang menjadi mitranya.

Baca: Ribuan Ojek Online di Kota Bekasi Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Hanya pada keadaan tertentu saja perlindungan bisa diberikan.

"Misalnya mitra sedang bertugas melakukan pengantaran, baru perlindungan akan kecelakaan bisa diberikan," Khaerul Umur, Go-Jek Indonesia untuk Driver Community Bekasi.

Namun jika tidak sedang bertugas, tanggung jawab akan perlindungan driver di luar kewenangan Go-Jek Indonesia.

Baca: BPJS Kesehatan Melakukan Uji Coba Sistem Rujukan Online Mulai 15 Agustus 2018

"Oleh karenanya kami sarankan mitra mendaftarkan diri pada program asuransi. Kami hanya menjembatani beberapa jenis yang bisa dipilih, tapi keputusan ada di tangan masing-masing," kata Khaerul Umur, Go-Jek Indonesia untuk Driver Community Bekasi.

Kepala Bidang Pemasaran Bukan Penerima Upah BPJSTK Cabang Bekasi Kota, Dessy Sriningsih, mengatakan, jumlah pengendara ojek online yang mendaftar dalam ajang ini cukup banyak.

Bila ditotal ada sekitar 2.500 ojek online yang telah mendaftarkan dirinya dalam peserta BPJS-TK.

"Di tenda BPJS-TK yang kami sediakan, pengemudi dapat mendaftarkan dirinya sebagai peserta BPJS-TK, mengaktifkan status kepesertaan dan juga konsultasi seputar BPJSTK lainnya," kata Dessy.

Baca: Tunggakan BPJS Ketenagakerjaan Jaksel Tembus Rp 41 Miliar, Perusahaan Bakal Kena Sanksi Hukum

Sejauh ini, driver Go-Jek baru bisa mengakses dua program BPJS-TK, yakni jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian dengan iuran bulanan sebesar Rp 16.800.

"Namun kami tengah menjajaki perluasan program yakni jaminan hari tua karena banyak masukan dari peserta yang ingin merasakan juga manfaat ini," katanya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help