Media Sosial

Fahri Hamzah Bikin Puisi Soal Bencana: Tenda-tenda Beterbangan, Kembalilah

Dalam tayangan berikutnya, Fahri Hamzah mengunggah kondisi Arafah pasca-angin puting beliung terjadi.

Fahri Hamzah Bikin Puisi Soal Bencana: Tenda-tenda Beterbangan, Kembalilah
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menjawab pertanyaan wartawan seusai menjalani pemeriksaan di Direskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (19/3/2018). 

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah mengaitkan bencana alam di Nusantara lewat pertanda angin badai yang menerpa kawasan Arafah, Mekkah, Arab Saudi, Minggu (19/8/2018).

Hal itu dibuktikan dengan sejumlah video yang diunggahnya lewat akun twitter pribadinya, @FahriHamzah pada Minggu (19/8/2018) kemarin; ketika dirinya tengah meninjau pelaksanaan Ibadah Haji 2018.

Dalam postingan pertama, angin kencang terlihat bertiup di Kakbah, Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. Angin yang bertiup kencang hingga membuka kiswah atau kain penutup Kabah. Peristiwa tersebut pun sempat menghentikan langkah para jemaah haji yang tengah melakukan tawaf dengan mengelilingi Kakbah.

Di rekaman video, jemaah yang berdekatan dengan Kakbah terlihat memegang dinding Kakbah, sedangkan mereka yang berada jauh saling berdesakan mengindari terpaan angin. Samar-samar, takbir serta istigfar disampaikan para jemaah, berharap agar angin cepat berlalu.

Dalam tayangan berikutnya, Fahri Hamzah mengunggah kondisi Arafah pasca-angin puting beliung terjadi. Langit pada malam itu terlihat berwarna kelabu, walau sudah terlihat mereda, angin masih terlihat bertiup cukup kencang. Sedangkan besarnya angin dapat terlihat dari sejumlah sampah tersangkut di sisi-sisi jalan.

Kondisi mengenaskan terlihat dalam postingan video berikutnya. Sejumlah tenda milik jemaah haji yang berada di Arafah terlihat roboh tersapu angin puting beliung, terpal, dan karpet beterbangan. Walau begitu, tidak terlihat ada korban jiwa, seluruh tenda terlihat kosong tidak berpenghuni.

Dalam keheningan di tengah badai angin, Fahri Hamzah mengingat warganya di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang juga tengah diguncang gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) pada Minggu (19/8/2018) malam. Dirinya pun mengaku merasakan kepedihan yang dialami warnganya nan jauh di sana.

Dirinya berharap agar Jokowi dapat segera menetapkan gempa NTB sebagai bencana nasional, agar rehabilitasi infrastruktur sekaligus warga NTB dapat berjalan cepat.

"Pak @jokowi, Saya menulis pesan ini dari dalam tenda di Arofah, tempat saya bermalam. Ada keanehan malam ini tak seperti biasa, Arofah dipukul hujan dan angin kencang. Saya merasa menemani bangsa saya sendiri yg ditimpa bencana. #BantuNTB," tulisnya, dilanjutkan dengan puisi tentang bencana alam Nusantara.

Berikut ini puisi yang dituliskan Fahri Hamzah lewat akun twitternya @FahriHamzah :

Gempa di Nusa Tenggara...
Hampir seribu kali...
Rinjani tergerus...
Anak Krakatau meletup-letup...
576 kali...
Pulau Bungin terbakar api...
Selimut Kiswah Ka’bah tersingkap...
Arofah dilanda angin kencang..
Tenda2 beterbangan...
Tanda2 beterbangan...
Kembalilah.. (*)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help