HUT Kemerdekaan RI

Karnaval Bocah TK Bercadar dan Bawa Senjata Mainan, Ini Alasan Kepala TK

KARNAVAL 17 Agustus murid TK di Probolinggo, Jawa Timur, mengundang kontroversi karena mengenakan cadar dan membawa senjata mainan.

Karnaval Bocah TK Bercadar dan Bawa Senjata Mainan, Ini Alasan Kepala TK
PrtSc FB
KARNAVAL murid TK di Probolinggo, Jawa Timur, yang menuai kontroversi. 

KARNAVAL 17 Agustus yang diikuti bocah taman kanak-kanak di Probolinggo, Jawa Timur, mengundang kontroversi karena para pesertanya dilengkapi mainan menyerupai senjata laras panjang.

Kepala TK Kartika V-69 Hartatik menuturkan bahwa busana pawai yang dikenakan anak-anak murni hanya untuk pawai dan hiburan semata.

“Kami tidak bermaksud apa-apa. Hanya memanfaatkan properti yang ada di gudang sehingga lebih hemat,” kata Hartatik di kantor polisi setelah dimintai klarifikasi, Sabtu (18/8/2018).

Baca: Polisi Dalami Kasus Peserta Karnaval TK Bawa Senjata Mainan, Kepala TK Bakal Kena Sanksi

Hartatik menambahkan, busana dengan penutup wajah dikenakan agar sesuai tema perjuangan bersama Rasulullah untuk meningkatkan iman dan takwa.

“Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini,” ungkap Hartatik.

Pihak kepolisian sendiri tengah mendalami kasus tersebut. Pasalnya, pawai yang dimulai dari depan kantor wali kota itu tak mengantongi izin.

“Kami akan mendalami kasus ini meski sudah melakukan klarifikasi, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak. Pawai ini tidak berizin. Tapi pada akhirnya kita melakukan pengamanan karena acaranya digelar,” kata Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurizal, Sabtu.

Baca: Pawai Anak TK Bercadar dan Menenteng Replika Senjata Viral, Dandim Probolinggo Minta Maaf

Sementara itu, Komandan Kodim 0820 Letkol Depri Rio Saransi meminta maaf kepada masyarakat atas kejadian tersebut. Pasalya, TK berada di kompleks markas Kodim 0820.

“Kami siapkan sanksi, sanksi administrasi. Kami tidak tahu mengenai kostum yang dikenakan. Pihak TK tidak koordinasi dengan kami,” kata Depri.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga M. Maskur mengungkapkan, kejadian itu menjadi bahan evaluasi ke depan khususnya di lingkungan pendidikan.

“Kami menegur kepala sekolah yang bersangkutan. Sanksi juga disiapkan,” tuturnya. (Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Karnaval Bocah TK Bawa Senjata Mainan, Begini Penjelasan Kepala TK"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help