Pilpres 2019

Rachel Maryam Sindir Pembangunan Tol Bikin Rakyat Miskin, Jubir Jokowi-Ma'ruf Tangkis Begini

Juru Bicara Jokowi-Ma'ruf, Dedek Prayudi, menyanggah pernyataan politikus Gerindra, Rachel Maryam, tentang rakyat miskin

Rachel Maryam Sindir Pembangunan Tol Bikin Rakyat Miskin, Jubir Jokowi-Ma'ruf Tangkis Begini
Kompas.com
Rachel Maryam. 

JURU Bicara Jokowi-Maruf, Dedek Prayudi, menyanggah pernyataan politikus Gerindra, Rachel Maryam, tentang rakyat miskin yang mengeluhkan beban berat ekonomi tapi pemerintah membanggakan proyek infrastruktur.

Dedek mengatakan, pernyataan Rachel Maryam tersebut menunjukkan ketidakpahaman akan substansi pembangunan manusia dan pentingnya infrastruktur dalam produksi dan distribusi pangan.

Dedek mengatakan, selama Jokowi berkuasa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terdiri dari  harapan Lama Sekolah, Harapan Lama Hidup, Tingkat Pendidikan Rata-Rata, dan Pengeluaran Perbulan Perorang naik signifikan dari 68,9 pada 2014 menjadi 70,8 pada 2017.

"Walaupun seluruh provinsi mengalami kenaikan IPM, untuk pertama kalinya, kenaikan IPM tertajam adalah provinsi-provinsi dibelahan Timur Indonesia, yakni Papua, Papua Barat, Gorontalo dan NTB," klaim Dedek lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (18/8/2018).

Baca: Sosialisasi Pengadaan Tanah Jalan Tol Cilincing-Cibitung, Puluhan Warga Semper Barat Sambangi RPTRA

Baca: 3 Kritik Guru Besar LIPI Terhadap Cawapres Jokowi: Tidak Tepat Bebani Maruf Amin di Usia Senja!

Baca: Prabowo-Sandi Instruksikan Semua Jubirnya Puasa Komentar Negatif Saat Asian Games 2018

Sedangkan jumlah penduduk Indonesia Timur, kata Dedek, hanya berkisar 10% dari penduduk nasional, dibandingkan dengan penduduk dipulau Jawa dan Sumatera yang mencapai 70% lebih komposisi penduduk nasional.

"Kalau Presiden Joko Widodo hanya mementingkan efek elektoral dan bukan mengemban amanah sila ke 5 Pancasila, komitmen untuk membangun Indonesia Timur tidak akan setinggi yang telah digambarkan oleh kenaikan IPM ini," kata Dedek.

Dedek juga menanggapi kritik Rachel mengenai infrastruktur.

Ia menangkap kesan bahwa Rachel mengakui pembangunan infrastruktur berjalan baik dan mulai menampakkan hasil.

"Kenapa pembangunan infrastruktur ini begitu penting? Bagaimana kita dapat memaksimalkan pembangunan manusia kalau tidak ada gedung sekolah," ucap Dedek.

Pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla, kata Dedek, dapat memastikan rakyat dapat asupan pangan dengan harga terjangkau dengan membangun jalan penghubung, pelabuhan, dan bandara.

Halaman
12
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved