Gempa Lagi Di NTT, Warga Berhamburan Keluar Rumah

BMKG kembali mencatat gempa berkekuatan besar di NTT. Warga setempat dilaporkan berhamburan keluar rumah.

Gempa Lagi Di NTT, Warga Berhamburan Keluar Rumah
Twitter
Peta gempa Lombok 

PADA Jumat (17/8/2018) menjelang tengah malam, gempa kuat kembali mengguncang kawasan Nusa Tenggara Timur. BMKG mencatat kekuatan gempa sebesar 6,7 Skala RIchter mengguncang Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Warga setempat dilaporkan berhamburan keluar rumah begitu terjadi gempa. Semalam BNPB belum menerima data soal korban kejadian tersebut.

"Gempa dirasakan sedang oleh masyarakat di Manggarai Barat selama 2-3 detik. Tidak ada kepanikan. Sebagian masyarakat keluar rumah. Belum ada laporan kerusakan rumah, bangunan dan adanya korban jiwa," tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangnnya, Jumat (17/8/2017).

Pusat gempa berada di 125 km Barat Laut Manggarai Barat-NTT.

Gempa juga dirasakan warga di beberapa daerah seperti Mataram dengan kekuatan ringan selama tiga detik.

Di Lombok Tengah gempa ringan dirasakan warga selama 3-4 menit. Sedangkan di Kota Ende, gempa lemah berlangsung tiga detik.

"Kekuatan gempanya cukup besar yaitu 6,7 SR tetapi berada pada kedalaman dasar laut yang dalam (559 km) sehingga dampak guncangan yang dirasakan tidak keras dan tidak berpotensi terjadi tsunami," kata Sutopo.

Sutopo memprediksi gempa tersebut tidak akan menimbulkan kerusakan. Hal tersebut melihat intensitas gempa yang dirasakan maksimal adalah sedang.

"Dari intensitas gempa dirasakan tersebut maksimal adalah sedang. Umumnya bangunan tidak mengalami kerusakan. Bangunan akan mengalami kerusakan parah jika menerima intensitas gempa dirasakan lebih besar dari VI MMI (keras) seperti di Lombok tempo hari," kata Sutopo.

Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help