VIDEO: Begini Kondisi Jembatan Indiana Jones yang Baru Selesai Dibangun

"Kami coba ekspresikan (ciri khas Betawi) dengan warna, ada unsur warna Betawi," ujar Direktur Utama PT Wiratman, Melani D Wangsadinata.

Jembatan permanen pengganti jembatan "Indiana Jones" yang menghubungkan Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, dengan Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Depok, telah rampung dibangun.

Jembatan gantung itu diresmikan pada Kamis (16/8/2018) dengan nama Jembatan Wiratman Karkasa. Jembatan tersebut dibangun menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) PT Wiratman dengan perusahaan-perusahaan sponsornya.

Pembangunan jembatan sudah direncanakan sejak 2016 dengan mengadakan lomba desain jembatan bagi mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tim mahasiswa dari Universitas Indonesia memenangkan lomba tersebut.

Desain jembatan yang mereka rancang kemudian disempurnakan PT Wiratman hingga akhirnya jembatan kini rampung dibangun.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, ujung kedua jembatan dibuat berbentuk tangga. Tujuannya agar sepeda motor tidak melintasi jembatan tersebut. Sebab, Jembatan Wiratman Karkasa diperuntukkan khusus pejalan kaki.

Saat melintas, warga tetap merasakan jembatan bergoyang, mengingat kondisinya memang jembatan gantung.

Meski demikian, jembatan itu dipastikan aman. Salah satu ujung jembatan tampak menjulang. Bentuknya menyerupai kerucut. Bagian yang menjulang itu dipasangi kabel baja, lengkap dengan tiang penggantungnya, hingga ke ujung jembatan di sisi lainnya.

Kabel baja dan tiang penggantung itu menjadi penyangga dudukan alas jembatan yang juga terbuat baja.

Sementara alasnya terbuat dari papan kayu bengkirai. Jembatan Wiratman Karkasa didominasi warna oranye dan hijau.

"Kami coba ekspresikan (ciri khas Betawi) dengan warna, ada unsur warna Betawi," ujar Direktur Utama PT Wiratman, Melani D Wangsadinata.

Halaman
12
Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved