Pabrik Pembuang Limbah di Kali Bekasi Disegel

Dia meminta agar perusahaan segera memperbaiki sistem pengolahan limbah, supaya mereka bisa beroperasi kembali.

Pabrik Pembuang Limbah di Kali Bekasi Disegel
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Seorang petugas menempel tanda segel pada sebuah pabrik pengolahan plastik di Jalan Vila Nusa Indah RT 01/06, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jumat (17/8) pukul 08.00. 

SEBUAH pabrik pengolahan plastik di Jalan Vila Nusa Indah RT 01/06, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi disegel petugas pada Jumat (17/8) pukul 08.00.

Pabrik berinisial VP ini disegel karena terbukti telah membuang limbah ke Kali Bekasi yang berada persis di dekatnya.

Stiker tanda segel yang ditempel petugas di dinding pabrik pengolahan plastik di Jalan Vila Nusa Indah RT 01/06, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jumat (17/8) pukul 08.00.
Stiker tanda segel yang ditempel petugas di dinding pabrik pengolahan plastik di Jalan Vila Nusa Indah RT 01/06, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jumat (17/8) pukul 08.00. (Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi yang memimpin penyegelan itu menyatakan, petugas telah berkali-kali mengingatkan perusahaan agar bijak mengelola limbah.

Menurut dia, limbah pabrik yang dibuang tidak diolah terlebih dahulu, meski nyatanya mereka memiliki alat pengolahan air limbah (IPAL).

"Mereka sebetulnya punya IPAL, tapi tidak difungsikan dengan benar sehingga air yang dibuang ke kali tidak sesuai dengan baku mutu lingkungan," kata Luthfi pada Jumat (17/8).

Luthfi menjelaskan, bagian yang disegel petugas adalah pipa pembuangan IPAL.

Dengan adanya penyegelan ini, mereka dilarang untuk melakukan kegiatan produksi sebelum memperbaiki sistem pengelolaannya itu.

Dia meminta agar perusahaan segera memperbaiki sistem pengolahan limbah, supaya mereka bisa beroperasi kembali.

Pabrik pengolahan plastik di Jalan Vila Nusa Indah RT 01/06, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi saat ditinjau buangan airnya sebelum disegel petugas pada Jumat (17/8) pukul 08.00.
Pabrik pengolahan plastik di Jalan Vila Nusa Indah RT 01/06, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi saat ditinjau buangan airnya sebelum disegel petugas pada Jumat (17/8) pukul 08.00. (Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri)

Pemerintah tidak memberikan tenggat waktu penyegelan, karena bila keesokan harinya IPAL sudah diperbaiki maka segel langsung bisa dibuka.

"Perbuatan mereka sangat merugikan ekosistem lingkungan di kali, apalagi kali merupakan sumber air olahan untuk keperluan sehari-hari manusia," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved