HUT Kemerdekaan RI

Marsha Aruan Kibarkan Merah Putih di Akuarium Sea World Ancol

Melalui pengeras suara, terdengar suara Presiden Soekarno saat membacakan naskah proklamasi 73 tahun silam.

Marsha Aruan Kibarkan Merah Putih di Akuarium Sea World Ancol
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Upacara pengibaran bendera merah putih dalam air digelar di Sea World Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (17/8/2018). 

UPACARA pengibaran bendera merah putih dalam air digelar di Sea World Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (17/8/2018). Kegiatan itu digelar dalam rangka HUT ke-73 Republik Indonesia.

Sebanyak delapan penyelam profesional dan seorang penyelam tamu, yakni aktris Marsha Aruan, melakukan atraksi pengibaran serta pembentangan bendera merah putih di dalam air.

Bertempat di Akuarium Utama Sea World Ancol, para penyelam memakai alat selam lengkap serta pakaian paskibra, serta membawa bendera merah putih berukuran 2x1,2 meter yang akan dikibarkan.

Baca: Sandiaga Uno Sebut TGB Ahli Siasat dan Strategi

Tiga penyelam, termasuk Marsha Aruan yang ditunjuk sebagai pembawa baki tempat bendera, bertugas sebagai tim pengibar. Alunan nada 'Indonesia Raya' pun menandai berjalannya prosesi pengibaran bendera.

Pembacaan teks proklamasi juga turut dihadirkan dalam kesempatan itu. Melalui pengeras suara, terdengar suara Presiden Soekarno saat membacakan naskah proklamasi 73 tahun silam.

Para penyelam kembali mencuri perhatian dengan mengibarkan sebuah bendera merah putih raksasa. Bendera berukuran 3x8 meter tersebut dibentangkan enam penyelam di dalam Akuarium Utama Sea World Ancol.

Baca: Kementerian Perhubungan Bakal Wajibkan Kapal Penyeberangan Tak Pakai Dek Atas dan Terali Jendela

Marsha Aruan bersama dua penyelam lainnya lalu mendekat ke kaca akuarium, untuk membentangkan spanduk berisi ucapan HUT RI.

“Dirgahayu Republik Indonesia, Semangat Merdeka, Semangat Juara,” begitu tulisan yang tertera di spanduk itu.

General Manager Sea World Ancol Rika Sudranto mengatakan, atraksi kali ini melibatkan sembilan penyelam, di mana enam penyelam membentangkan bendera, dan tiga penyelam lainnya mengibarkan bendera.

Baca: Calon Penantang Tak Punya Keistimewaan, Peluang Jokowi Menangi Pilpres 2019 Nyaris 90 Persen

“Hari ini kita merayakan kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Sea World Ancol dalam hal ini juga ingin sama-sama memeriahkan dan menyukseskan,” tuturnya.

Menurut Rika, proses persiapan pengibaran bendera di dalam air sudah dilakukan sejak satu bulan sebelumnya. Marsha Aruan dan kawan-kawan sudah melakukan proses latihan sebanyak tiga kali agar tidak menghadapi kendala.

“Kalau (pengibaran bendera di) darat umum, di air itu jarang sekali orang lakukan. Kesulitannya adalah kalau penyelam, sederhananya untuk berdiri tegak agak goyang, itu yang perlu bagaimana napak tegak dan pengaturan napas,” paparnya. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved