Yenny Wahid: NU Khitahnya Tidak Berpolitik dan Tak Berkiblat Pada Satu Partai

Isu penolakan Mahfud MD lantaran dicap bukan merupakan kader Nahdlatul Ulama. Yenny Wahid pun angkat bicara

Yenny Wahid: NU Khitahnya Tidak Berpolitik dan Tak Berkiblat Pada Satu Partai
YouTube/Narasi TV
Yenny Wahid di acara Mata Najwa, Rabu (15/8/2018) 

KISRUH soal harapan palsu yang dilakukan kubu Joko Widodo terhadap Mahfud MD yang dijanjikan bakal menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) Jokowi kian bergulir.

Terlebih adanya isu penolakan Mahfud lantaran dicap bukan merupakan kader Nahdlatul Ulama (NU).

Terkait hal tersebut, Zannuba Ariffah Cafsoh Rahman Wahid atau akrab disapa Yenny Wahid angkat bicara.

Dalam program Mata Najwa, putri Presiden Republik Indonesia ke empat, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu menyebut khitah atau prinsip NU sebenarnya adalah tidak berpolitik.

"Apa yang terjadi di NU itu biasalah, itu karena organisasi yang sangat besar, lalu di situ tempat bernaung segala macam orang dengan segala macam kepentingan politiknya sehingga kemudian jadi ikut, seolah-olah ikut gaduh," jelasnya dalam tayangan Mata Najwa pada Rabu (15/8/2018) malam.

"NU itu kalau sudah khitahnya tidak boleh berpolitik, tapi memang kenyataannya masih banyak politisi yang bergabung di NU. Namun yang disalahpahami bahwa NU itu berkiblat pada salah satu partai politik saja, itu tidak betul juga," tambahnya.

Hal tersebut ditunjukkan dari kehadiran Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy dan sejumlah tokoh Partai Golkar hingga Gerindra saat ini.

Walau berbeda partai, mereka merupakan kader NU.

"Nah, mas Rommy ini salah satu politisi NU juga ini, walaupun dari PPP. Ada juga (politisi) yang dari Golkar, ada juga yang di Gerindra juga ada," jelas Yenny.

Penasaran, Najwa menegaskan, apakah NU hanya merupakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB); lawan politik sembilan partai dan Joko Widodo saat ini.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved