Dijanjikan dari Jokowi Gubernur, Jembatan Indiana Jones Akhirnya Selesai Dibangun

warga tidak lagi merasa takut saat melintas dari Srengseng Sawah menuju Pasir Gunung Selatan maupun sebaliknya.

Dijanjikan dari Jokowi Gubernur, Jembatan Indiana Jones Akhirnya Selesai Dibangun
Kompas.com
Warga berfoto bersama (selfie) di Jembatan Wiratman Karkasa yang merupakan pengganti jembatan gantung Indiana Jones, Kamis (16/8/2018). Jembatan ini menghubungkan Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, dengan Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Depok.(KOMPAS.com/NURSITA SARI) 

- Jembatan Wiratman Karkasa yang merupakan pengganti jembatan gantung " Indiana Jones" sudah rampung dibangun dan diresmikan. Jembatan itu menghubungkan Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, dengan Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Depok, yang dibelah Sungai Ciliwung.

Dengan adanya jembatan pengganti, warga tidak lagi merasa takut saat melintas dari Srengseng Sawah menuju Pasir Gunung Selatan maupun sebaliknya.

Catatan Warta Kota, pada akhir 2012 Joko Widodo yang saat itu menjabat Gubernur DKI pernah mengunjungi jembatan ini dan berjanji akan membangunnya. Kemudian pada 2017 lalu, Anies Baswedan pun berjanji akan memperbaiki jembatan ini.

Warga Pasir Gunung Selatan, Darmi (65), mengaku senang dengan adanya jembatan baru yang lebih kokoh, meskipun konstruksinya tetap jembatan gantung.

"Rasanya senang sekali, sekarang enak banget lewat. Waktu itu (sebelum ada jembatan pengganti), mau lewat jembatan takut, enggak berani. Sampai dituntun-tuntun, baru berani," ujar Darmi, sambil mencoba melintasi Jembatan Wiratman Karkasa, Kamis (16/8/2018).

Warga Pasir Gunung Selatan yang lainnya, Tina (53), juga merasa senang. Meskipun tinggal di wilayah Depok, Tina mengaku lebih dekat melalui Srengseng Sawah apabila hendak menuju Margonda, yang masih di wilayah Depok.

Jika tidak melewati jembatan tersebut, Tina harus mengambil rute memutar yang lebih jauh melalui Kelapa Dua, Depok.

"Ini sangat membantu banget. Kalau nyeberang (jembatan) kan, sudah Lenteng Agung. Kalau muter, jauh, lewat Kelapa Dua. Kalau lewat Srengseng, deket," kata Tina.

Tak hanya warga Pasir Gunung Selatan, Nunung, warga Srengseng Sawah juga merasa terbantu dengan adanya Jembatan Wiratman Karkasa.

Mereka tak perlu khawatir jatuh ke sungai dengan melintasi jembatan baru itu. "Senang banget, enggak takut lagi sekarang kalau lewat. Saya sering lewat sini, dulu mah takut, sekarang mah enggak," ucap Nunung.

Halaman
12
Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help