Idul Adha 2018

100 Juru Sembelih Hewan Kurban di Tangerang Selatan Bersertifikat dari Kementerian Agama dan MUI

"Si penyembelih hewan kurban itu harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh syariat islam, itu maksudnya sertifikasi."

100 Juru Sembelih Hewan Kurban di Tangerang Selatan Bersertifikat dari Kementerian Agama dan MUI
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ajat Sudarjat, Perwakilan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Barat 5 saat melakukan pemeriksaan hewan kurban di Pekayon, Kota Bekasi. 

WARTA KOTA, TANGERANG---  Kementerian Agama RI  dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tangerang Selatan memberikan sertifikasi kepada 100 juru sembelih hewan kurban, Kamis (16/8/2018).

Para penyembelih itu dianggap Kementerian Agama dan MUI Tangsel  telah memenuhi syarat menjadi penyembelih hewan kurban..

"Si penyembelih hewan kurban itu harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh syariat islam, itu maksudnya sertifikasi," ucap Kepala Kantor Kementerian Agama, Abdul Rojak, Kamis (16/8/2018).

Pemberian sertifikat itu, kata Rojak, ditujukan untuk menghindari penyembelih dadakan yang dikhawatirkan tidak memenuhi persyaratan penyembelihan hewan kurban.

Baca: Sudin KPKP Jakarta Utara Awasi Tempat Penampungan Hewan Kurban

Menurut Rojak,  hal itu menyangkut kehalalan daging kurban. "Supaya nggak semua orang main sembelih hewan kurban," ucapnya.

Sekretaris Jenderal MUI Tangeradng Selatan (Tangsel) itu juga menjelaskan tentang beberapa syarat menjadi juru sembelih hewan kurban.

Syarat menjadi juru sembelih hewan kurban yaitu beragama Islam, sudah baligh, memahami jenis hewan kurban, dan mengetahui tata cara penyembelihan.

"Tahun ini ada 100 (penyembelih yang mendapatkan sertifikasi), ini sudah angkatan ke empat," katanya.

Baca: Catat Ini Tips Memilih Hewan Kurban

Dia menambahkan,  jika digabungkan dengan pemilik sertifikat tahun sebelumnya, di Tangsel memiliki lebih dari 300 penyembelih yang sudah bersertifikasi.

"Diharapkan dengan adanya sertifikasi hewan kurban ini menambah keyakinan masyarakat dalam momentum idul adha," kata Rojak.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved