Asian Games 2018

Torch Relay Asian Games Kepulauan Seribu Gunakan Kapal

Perhelatan torch relay atau pawai obor Asian Games 2018 di Kepulauan Seribu digelar pada Jumat (17/8/2018) mendatang.

Torch Relay Asian Games Kepulauan Seribu Gunakan Kapal
Warta Kota/Feryanto Hadi
Rute torch relay Asian Games 2018 di Kepulauan Seribu 

PERHELATAN torch relay atau pawai obor Asian Games 2018 di Kepulauan Seribu digelar pada Jumat (17/8/2018) mendatang.

Pawai obor untuk wilayah Kepulauan Seribu sedikit berbeda karena menggunakan transportasi kapal.

“Wilayah lain pakai kendaraan roda empat kalau kita pakai kapal, satu-satunya torch relay pakai kapal cuma di Kepulauan Seribu,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kepulauan Seribu Windu Cahyaningsih, Rabu (15/8/2018).

Nantinya obor akan dibawa Sekretaris Kabupaten Kepulauan Seribu, Eric Pahlevi Zakaria Lumbun dari kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara menuju Dermaga ABC Ancol, Jakarta.

Setibanya di sana, obor Asian Games 2018 akan diterima oleh pemain film Nadine Chandrawinata untuk kemudian dibawa dengan menggunakan kapal menuju Pulau Untung Jawa.

Rute torch relay Asian Games 2018 di Jakarta Utara
Rute torch relay Asian Games 2018 di Jakarta Utara (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

“Obor akan dibawa ke Pulau Untung Jawa dengan menggunakan kapal dan setiba di Dermaga Timur akan diserahkan ke Pak Bupati (Husein Murad) sebagai pelari pertama,” ungkapnya.

Selama berada di Pulau Untung Jawa, obor Asian Games 2018 akan dibawa keliling sebanyak 10 etape dengan panjang rute 1,6 kilometer.

Empat etape pertama akan dilakukan sebelum upacara bendera HUT ke 73 Indonesia.

“Obor akan disemayamkan untuk mengikuti upacara bendera yang dipimpin Pak Bupati. Setelah itu kembali baru dilakukan pawai obor di Pulau Untung Jawa oleh tokoh masyarakat dan pelajar berprestasi,” katanya.

Windu mengatakan, setidaknya ada sekitar 3.000 orang yang akan terlibat pawai obor Asian Games 2018 di Kepulauan Seribu.

Mereka terdiri dari masyarakat, pelajar hingga para SKPD/UKPD Kepulauan Seribu.

“Setelah selesai dibawa keliling pulau, obor akan diserahkan pelari terakhir ke Nadine untuk kembali dibawa ke daratan. Perkiraan tiba di Ancol dari Pulau Untung Jawa sekitar pukul 10.30-11.00 WIB,” ujarnya.

Pawai obor Asian Games 2018 untuk wilayah Kepulauan Seribu hanya menyasar Pulau Untung Jawa karena keterbatasan situasi di lapangan.

Pasalnya Pulau Untung Jawa merupakan pulau terdekat di Kepulauan Seribu dari daratan.

“Waktu tempuhnya hanya 30 menit dari Ancol ke Pulau Untung Jawa. Selain itu juga Pulau Untung Jawa punya sejarah terkait pindahan dari warga Pulau ubi yang pindah sebelum tenggelam. Keistimewaan lain ada bunga sakura juga,” katanya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved