Idul Adha 2018

Sudin KPKP Jakarta Utara Awasi Tempat Penampungan Hewan Kurban

Kedua kaki belakang sapi terluka saat diantarkan dari pemasoknya dari Tuban, Jawa Timur. Meski begitu, sapi ini masih layak jual.

Sudin KPKP Jakarta Utara Awasi Tempat Penampungan Hewan Kurban
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Tempat penampungan hewan kurban sapi milik Junaedi di Jalan Anggrek, tepatnya di depan Pasar Rawabadak, Koja, Jakarta Utara, Rabu (15/8/2018). 

WARTA KOTA, KOJA--- Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara melakukan peninjauan terhadap sejumlah tempat penampungan hewan kurban di Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Rabu (15/8/2018).

Pantauan di lokasi, petugas menyasar tempat penampungan hewan kurban milik Junaedi di Jalan Anggrek, tepatnya di depan Pasar Rawabadak, Koja, Jakarta Utara.

Petugas terlihat memeriksa kondisi fisik sejumlah sapi di lokasi tersebut. Sebanyak 85 ekor sapi ada di tempat penampungan hewan kurban.

Baca: Ditemukan Ada Sembilan Hewan Kurban Bekasi Sakit Radang Mata

Beberapa bagian tubuh sapi seperti mata, kulit, dan lainnya, diperiksa petugas. Dari pemeriksaan tersebut, ada satu ekor sapi yang mengalami luka pada kedua kaki belakangnya. 

Melihat keadaan hewan kurban itu, petugas langsung menyemprotkan cairan antiseptik ke kaki sapi. 

Kepala Satuan Pelaksana KPKP Kecamatan Koja, Liza Engalika mengatakan, kedua kaki belakang sapi itu terluka saat diantarkan dari pemasoknya dari Tuban, Jawa Timur.

“Itu hanya antiseptik untuk pengobatan luar dengan harapan sapi tersebut bisa segera sembuh karena cuma luka luar saja,” ujar Liza.

Baca: Catat Ini Tips Memilih Hewan Kurban

Menurut Liza, kondisi sapi dengan kondisi kaki terluka itu masih layak jual. Namun, kondisi sapi harus dipastikan sudah benar-benar pulih. 

Sementara itu, kondisi sapi-sapi lainnya tidak mengalami masalah.

Pemilik tempat penampungan hewan kurban, Junaedi mengatakan bahwa dia sudah mengetahui lapak hewan kurbannya akan diperiksa.

Dia mengaku tidak khawatir akan kesehatan hewan yang dijual karena memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari pemasok.

Baca: Ada Pemeriksaan Kesehatan, Pembeli Sebut Tambah Yakin dan Tenang saat Beli Hewan Kurban

“Nggak ada masalah, kita sudah jamin kok kesehatan semua sapinya,” ujarnya.

Setelah diperiksa, tempat penampungan hewan kurban milik Junaedi ditempel stiker dari Sudin KPKP Jakarta Utara.

Stiket itu sebagai pernyataan dari Sudin KPKP bahwa  hewan kurban di tempat tersebut tidak bermasalah. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved