HUT ke 73 Kemerdekaan RI

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tangerang Selatan Utamakan Nilai Akademis

"Kami dengan Dispora minta di setiap sekolah masing-masing tiga pasang dari postur tubuh plus nilai akademis."

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tangerang Selatan Utamakan Nilai Akademis
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin mengucapkan selamat kepada 50 anggota Paskibraka muda Tangerang Selatan, Rabu (15/8/2018). 

WARTA KOTA, TANGERANG---  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mementingkan nilai akademis sebagai salah satu syarat menjadi anggotanya.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Tangerang Selatan, Buana Mahardika setelah menghadiri pengukuhan 50 Paskibraka muda Tangsel.

Buana mengatakan, PPI Tangsel dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tangsel bekerjasama untuk menyeleksi anggota Paskibraka di setiap sekolah di Tangsel.

Pemilihan anggota Paskibraka itu, kata Buana, sesuai Permenpora Nomor 65 Tahun 2015.

Baca: Wakil Wali Kota Tangerang Mintai Peserta Seleksi Paskibraka Jangan Pernah Berhenti Belajar

Selain itu, nilai akademis menjadi faktor perekrutan anggota Paskibraka yang akan dipercaya mengibarkan bendera pusaka merah-putih tanggal 17 Agustus 2018 nanti.

"Kami dengan Dispora minta di setiap sekolah masing-masing tiga pasang dari postur tubuh plus nilai akademis," ucap Buana di Gedung Pusat Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Rabu (15/8/2018).

"Karena mereka yang di sini kalau tidak ada manipulasi data maka mereka punya peringkat di sekolah," ucapnya.

Buana merinci, tahun ini terdapat 50 anggota Paskibraka dari sekitar 40 sekolah menengah atas. Rinciannya, Paskibraka putra 24 orang dan Paskibraka putri 26 orang.

"Syaratnya, WNI, siswa kelas X, punya kecakapan, penampilan postur tubuh. Untuk putra tingginya minimal 170 (cm), putri 165 (cm) minimal, itu ada di Permenpora nomor 65, dan yang punya prestasi," kata Buana

Baca: Wali Kota Tangerang Terpilih Makan Ngemperan Bareng Paskibraka

Untuk mempersiapkan pengibaran bendera saat HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Buana mengaku para anggotanya sudah berlatih hampir setiap hari saat  Agustus 2018 ini.

"Latihan mereka setiap hari, tapi tetap ada jadwal liburnya, dari pagi sampai dengan jam 16.00," katanya.

Upacara pengibaran bendera di Kota Tangerang Selatan akan dilaksanakan di Lapangan Cilenggang, Serpong pukul 08.00 WIB dan upacara penurunan bendera merah-putih pada pukul 17.00 WIB.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Intan Ungaling Dian
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved