Dilantik Jadi Menteri PAN-RB, Syafruddin Cium Tangan Jusuf Kalla dan Megawati Sukarnoputri

Pertama yang bersalaman dengan Syafruddin adalah Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi.

Dilantik Jadi Menteri PAN-RB, Syafruddin Cium Tangan Jusuf Kalla dan Megawati Sukarnoputri
Kompas.com/Fabianus Januarius Kuwado
MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, Rabu (15/8/2018). 

KOMJEN Syafruddin mencium tangan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Suk‎arnoputri.

Peristiwa tersebut terjadi setelah Presiden Joko Widodo melantik Syafruddin menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menggantikan Asman Abnur di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Seusai pelantikan, seperti biasa Presiden dan para pejabat negara lainnya memberikan ucapan ‎selamat, dengan berjabat tangan kepada pejabat yang baru dilantik.

Baca: Pagi Ini Jokowi Lantik Wakapolri Komjen Syafruddin Jadi Menteri PAN-RB

Pertama yang bersalaman dengan Syafruddin adalah Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Di sini, terlihat jenderal bintang tiga itu membungkukkan badannya.

Namun, ketika‎ Jusuf Kalla memberikan ucapan selamat sembari berjabat tangan, Syafruddin mencium tangan Jusuf Kalla.

Peristiwa mencium tangan bukan hanya dilakukan kepada Jusuf Kalla. Syafruddin pun turut mencium tangan Megawati Sukarnoputri saat keduanya berjabat tangan.

Baca: Besok Maruf Amin Berangkat Ibadah Haji

Presiden Joko Widodo melantik Komjen Syafruddin sebagai Menteri PAN-RB berdasarkan Keputusan Presiden nomor 142p 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri PAN-RB Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan tahun 2014-2019.

Komjen Pol Drs Syafruddin adalah Panggota olri kelahiran Makassar, 12 April 1961 (57 tahun). Ia merupakan lulusan Akpol angkatan 1985.

Kariernya di kepolisian diawali sebagai Kasubnit Patroli Kota Polda Metro Jaya pada 1985, dan pernah menjadi Kapolsek Pondok Gede Bekasi Polda Metro Jaya pada 1987.

Baca: Ini Kriteria Orang yang Dicari Prabowo Subianto untuk Masuk Tim Pemenangannya

Syafruddin juga tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Pada 2004, ia pernah menjabat sebagai ajudan Wakil Presiden pada masa pemerintahan SBY-JK.

Kemudian pada akhir 2009, dia menjabat sebagai Wakapolda Sumut, lalu Kapolda Kalsel, Kadiv Propam Polri, Kalemdikpol, hingga Wakapolri di bawah kepemimpinan Jenderal Tito Karnavian.

Di tengah kesibukannya di kepolisian, Syafruddin ditunjuk sebagai Ketua Kontingen atau Chief de Mission (CdM) Indonesia pada ajang Asian Games 2018, yang dihelat di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018. Syafruddin juga aktif sebagai Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI). (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved