Anies Baswedan: Jadikan Bangsa Indonesia Seperti Bambu, Kokoh Tapi Lentur

Ada bongkahan bambu besar terbentang di tengah jalan MH Thamrin menghadap ke arah Patung Selamat Datang.

Anies Baswedan: Jadikan Bangsa Indonesia Seperti Bambu, Kokoh Tapi Lentur
Instagram/AniesBaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan seniman Joko Avianto di depan seni instalasi bambu yang dipajang di dekat Bundaran HI, Rabu (15/8/2018) 

PAGI ini ada pemandangan beda dan unik di dekat Bundaran HI, Jakarta Pusat. 

Ada bongkahan bambu besar terbentang di tengah jalan MH Thamrin menghadap ke arah Patung Selamat Datang. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuliskan soal karya instalasi bambu tersebut yang dibuat oleh seniman Joko Avianto dalam rangka menyambut Asian Games dan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di akun instagram pada Rabu (15/8/2018)

Getah Getih

Inilah bambu Indonesia. Ditanam di pedesaan, dirawat dan dipanen oleh petani kecil, dijajakan oleh pedagang mikro. Kini membentang di area tanah -salah satu- paling mahal di Republik ini.
.
Dari imajinasi, kreasi dan lewat tangan terampil anak bangsa, Joko Avianto, bambu murah dari desa ini menjadi karya seni yang tak terupiahkan nilainya. Keindahan yang menjulang dan membanggakan.
.
Bentangan dan balutan bambu ini jadi pengirim pesan. Di tengah deretan beton tinggi yang cakarnya menggenggam tanah Ibukota, hadir karya bambu yang lembut, sederhana tapi kompleks. Sebuah material trasidisional yang dibalut ilmu, kreativitas dan kemodernan.
.
Dengan rasa cinta dan kreativitas, bambu yg dianggap tak bernilai menjadi karya seni yg tak ternilai.
.
Bambu ini membentuk pesona seni yg menggerakkan. Membahanakan pesan dahsyat tentang bangsa kita.

Pesan tentang kokoh tapi lentur, tegak tapi liat, kecil tapi raksasa, ribuan tapi menyatu, satuan tapi tak terserak.

Itulah kita, bangsa Indonesia tercinta: 262 juta anak bangsa, 400-an suku bangsa, dan bercakap dalam 700-an bahasa. Sebuah bangsa yang dahsyat!
.
Di sini, dari gagasan, ribuan bambu ini membentuk sebuah kesatuan dan persatuan. Dari gagasan, jutaan anak bangsa ini membentuk kesatuan dan persatuan.
.
Mari kita sambut kembali saudara-saudara se-Asia dengan pesan persatuan, dengan kehangatan Indonesia, dan dengan kebanggaan bernegara.
.
Jakarta, 15 Agustus 2018
Anies Baswedan 

Para warga net pun memuji keindahan seni dan memberikan semangat. 

@chintyadn :Pak anis, coba dibuat sketsa andaikan tanahnya itu dibuat ada bunga2nya atau hiasan lainnya. Mungkin lebih bisa mempercantik. Karna hiasan bambunya sudah cukup bagus & kreatif

@dodyjpurnama: Alhamdulillah.. Ini Keren Pak @aniesbaswedan .. Tambah Lagi Pak Arts Decorative style Budaya Indonesia untuk menyambut tamu2 kita.. Semoga mereka senang dengan perhelatan akbar Asian Games di negara kita.. Aamiin..

@arintowatiari: Kereeeen bnget bner pak Anies ini slah satu seni kreatif anak bangsa... bapak bisa mengungkapkan arti yg dalem ttg 'Bambu'.............maju terus pak Anies.....biar orang bilang apapun ....mereka hanya org2 yg iri n tanda tdk mampu berkreasi.......

Halaman
123
Penulis: Dian Anditya Mutiara
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved