Asian Games 2018

Alexander Pulalo: Atlet Harus Mampu Lepaskan Beban

Menurutnya, atlet harus bisa menempatkan diri sebagai petarung yang bebas beraksi tanpa beban apa pun.

Alexander Pulalo: Atlet Harus Mampu Lepaskan Beban
Super Ball/Celestinus Trias HP
Alexander Pulalo saat membawa obor Asian Games 2018 di Garut, Jawa Barat, Minggu (13/8/2018) 

TAMPIL bertanding di hadapan pendukung di negara sendiri bukan perkara mudah bagi atlet Tanah Air pada perhelatan Asian Games 2018.

Hal tersebut diamini oleh Alexander Pulalo, mantan pesepak bola nasional Indonesia.

Bertemu Harian Super Ball usai menjadi pembawa api obor Asian Games di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/8/2018), Alex mengungkapkan, seluruh atlet Indonesia yang bakal menjalanni pertandingan di semua cabang olahraga harus mampu melepaskan beban, terutama beban sebagai tuan rumah.

Menurut pesepak bola yang berasal dari produk pembinaan pesepak bola muda di PSSI Primavera itu, atlet harus bisa menempatkan diri sebagai petarung yang bebas beraksi tanpa beban apa pun, termasuk beban target perolehan medali.

"Bertanding di hadapan pendukung sendiri di negara sendiri memang beban yang tidak ringan. Tetapi, semua atlet Tanah Air harus bisa berusaha keras melepaskan beban itu. Adanya dukungan di negeri sendiri memiliki ada dua sisi yang bakal terjadi. Satu, bisa jadi lebih membakar semangat. Tapi, yang kedua bisa jadi juga mental menurun, karena terbebani harus menang. Itu semua sebaiknya dilepaskan supaya bertanding lebih lepas, jadi bisa beraksi lebih bebas dan tenang menghadapi lawan," ungkap pesepak bola yang dahulu bermain di posisi bek sayap ini.

Baca: Mantan Petinju Ini Tunggu Aksi Atlet Tinju Nasional di Asian Games 2018

Terkait kemampuan atlet dan peluang saat bertanding, Alex lebih memilih memperhatikan kemaksimalan penampilan saat berlaga.

Bagi mantan pesepak bola yang kini berusia 45 tahun itu, saat dukungan yang besar dari masyarakat Indonesia hadir di sisi lapangan, maka dukungan tersebut harus bisa menjadi pembakar semangat yang lebih baik lagi.

Alex mengaku, dirinya memiliki harapan yang tinggi bagi seluruh atlet yang akan berlaga.

Dia hanya ingin mengetahui atlet Indonesia yang bertanding bisa tampil sebaik mungkin dan maksimal. Tidak terpengaruh oleh apa pun dan hanya berpikir meraih medali.

"Jangan pikirkan target, peluang di pertandingan, atau kehebatan lawan. Lepaskan semua beban itu, karena saat bertanding semua mental atlet akan diuji. Lakukan saja yang terbaik, berikan aksi yang terbaik, dan jadikan Asian Games di Jakarta dan Palembang sebagai catatan hebat atas semua kemampuan yang dimiliki," kata pesepak bola asal Jayapura, Papua, ini.

Penulis: Celestinus Trias HP
Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved