Ratusan Orang Meriahkan Festival Tanjung Barat

Festival yang berlangsung selama dua hari ini, Sabtu (11/8) dan Minggu (12/8), menampilkan banyak seni dan budaya betawi

Ratusan Orang Meriahkan Festival Tanjung Barat
Warta Kota/Feryanto Hadi
Suasana Festival Tanjung Barat 2018 yang diadakan di Lapangan Sukatani Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (11/8) dan Minggu (12/8). 

RATUSAN warga Jakarta Selatan dan sekitarnya menghadiri Festival Tanjung Barat 2018 yang diadakan di Lapangan Sukatani Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Festival yang berlangsung selama dua hari ini, Sabtu (11/8) dan Minggu (12/8), menampilkan banyak seni dan budaya betawi khususnya, para penampil di Festival Tanjung Barat ini dari berbagai sanggar seni dan budaya betawi yang berada di wilayah Tanjung Barat dan umumnya dihadiri dari berbagai wilayah di Jabodetabek.

Suasana Festival Tanjung Barat 2018 yang diadakan di Lapangan Sukatani Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (11/8) dan Minggu (12/8).
Suasana Festival Tanjung Barat 2018 yang diadakan di Lapangan Sukatani Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Sabtu (11/8) dan Minggu (12/8). (Warta Kota/Feryanto Hadi)

Sejumlah stand bazar UKM dan IKM binaan OK Oce, Kader PKK, SMK serta warga setempat turut memeriahkan Festival Tanjung Barat Tahun 2018 dengan menjual aneka kuliner, fashion, serta kerajinan tangan.

Ketua Panitia Festival Tanjung Barat 2018, Dedhy Haryadi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menggali serta memajukan budaya Betawi seperti kesenian dan kuliner Betawi.

"Seni dan budaya betawi sudah seharusnya terus digelorakan supaya generasi muda kita mengenal dan melestarikannya. Dan kegiatan kami kali ini adalah aktualisasi dari cita-cita pelestarian budaya betawi itu," ujarnya ditemui Warta Kota di sela acara.

Wakil Walikota Jakarta Selatan, Arifin, mengatakan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, menyambut gembira dengan adanya penyelenggaraan Festival Tanjung Barat ini.

Sebab menurutnya, festival ini sebagai salah satu tradisi dan budaya, haruslah dilestarikan dan diwariskan khususnya kepada generasi muda.

"Dengan adanya kegiatan Festival Tanjung Barat seperti ini, generasi muda lebih memahami budaya Betawi baik seni budaya maupun kuliner khas Betawi, sehingga tidak tergerus oleh budaya dari luar dan terus mengembangkan potensi budaya Betawi di Jakarta Selatan," harapnya.

Mpok Dewi, salah satu peserta bazaar mengatakan, dalam kesempatan itu ia manfaatkan sebagai ajang promosi produk-produk kuliner yang sedang digelutinya.

"Kami binaan OK Oce. Sementara kami jualan di sejumlah bazaar sambil memperkenalkan produk kami. Usaha kami di bidang kuliner dan kesenian betawi seperti bir pletok, kembang goyang dan kuliner lain termasuk boneka ondhel-ondhel," ujarnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help