Rusunawa Karanganyar Dikosongkan Akhir Agustus Ini

Pengosongan rumah susun ini terkait rencana revitalisasi Rusunawa Karang Anyar yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Rusunawa Karanganyar Dikosongkan Akhir Agustus Ini
Warta Kota
Rusunawa Karang Anyar 

Akhir Agustus mendatang Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Karang Anyar, Jakarta Pusat dikosongkan. Para penghuni rusun diberikan batas waktu meninggalkan rusun hingga 31 Agustus 2018 mendatang.

Pengosongan rumah susun ini terkait rencana revitalisasi Rusunawa Karang Anyar yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Walau rencana revitalisasi tersebut sudah terdengar lama, namun baru akhir ini penghuni diminta mengosongkan unit Rusun yang mereka tempati. Walau begitu banyak penghuni rusun mengaku pasrah untuk angkat kaki dari Rusun tersebut.

Mayoritas penghuni rusun Karang Ayar merupakan korban relokasi kebakaran yang pernah terjadi tahun 1984. Sehingga banyak diantara meresa berat untuk meninggalkan rusun yang memiliki empat blok tersebut.

Seperti yang dirasakan oleh Mustar (66) salah seorang warga yang lebih dari 50 tahun tinggal dikawasan tersebut. Mustar merupakan penghuni asli kawasan tersebut sejak terjadi kebakaran tahun 1984 yang selanjutnya Pemerintah mendirikan rusun tersebut sebagai rusun percontohan.

"Sebagai warga asli sini tentunnya kami sangat mendukung program pemerintah untuk merevitalisasi rusun ini, apalagi saat ini kondisi rusun memang sudah dibilang tua, karena rusun ini berdiri sejak tahun 1987," kata Mustar saat ditemui, Jumat (10/8/2018).

Rusun yang berdiri sekitar 33 tahun tersebut kondisinya memang cukup memprihatinkan, selain dinding rusun yang sudah ditumbuhi rumput liar, beberapa dinding juga terlihat kusam dan dipenuhi lumut.

Tak hanya itu, beberapa saluran air dirusun tersebut juga nampak kotor, walaupun masih berfungsi baik. Selain itu, Rusun yang didirikan sebagai Rusun percontohan dieranya tersebut masih kokoh berdiri.

Dikatakan Mustar, hampir 50 persen warga sudah pindah dari rusun ini, mereka diantaranya mengontrak maupun tinggal ditempat saudara mereka. Sementara dirinya akan pergi dari rusun beberapa minggu kedepan.

"Kalo saya sebagaian barang sudah saya pindahin ke Depok, jadi tinggal beberapa barang saja mungkin minggu depan sudah ngak tinggal disini lagi," katanya.

Halaman
123
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help