Pilpres 2019

KPU Menyatakan Berkas Pendaftaran Jokowi-Ma'ruf Amin Lengkap

Berkas pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Kyai Haji Ma'ruf Amin dinyatakan lengkap.

KPU Menyatakan Berkas Pendaftaran Jokowi-Ma'ruf Amin Lengkap
Warta Kota/Alex Suban
Pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin Mendaftar berfoto bersama dengan ketua partai politik pendukung di KPU RI, Jumat (10/8/2018). 

WARTA KOTA, PALMERAH---Berkas pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Kyai Haji Ma'ruf Amin dinyatakan lengkap.

"Setelah melakukan penelitian, semua dokumen ada termasuk melampirkan keputusan tingkat pusat partai politik namun karena sesuai aturan partai pengusul adalah partai politik yang mengikuti pemilu terakhir maka dokumen ini ada yang kami remvoi (perbaiki) untuk PSI dan Perindo, demikian syarat pencalonan kami nyatakan lengkap," kata petugas KPU di ruang pendaftaran KPU Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Baca: Prabowo Subianto: Dukungan Demokrat adalah Langkah Besar

Jokowi yang mengenakan kemeja putih bertuliskan "Bersih, Merakyat, Kerja Nyata" dan Ma'ruf Amin yang juga mengenakan jas putih duduk di depan Ketua KPU Arif Budiman.

Keduanya diapit oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto.

"Selanjutnya untuk pemeriksaan kesehatan pada 12 Agustus di RSPAD mohon dicermati syarat-syaratnya," kata staf KPU tersebut seperti dilansir Antaranews.com.

Baca: Roy Suryo: Demokrat Dukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Keduanya juga didampingi ketua umum dan sekretaris jenderal partai pengusung. Termasuk sejumlah fungsionaris partai politik pendukung maupun Menteri Kabinet Indonesia Kerja.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi berdasarkan Peraturan KPU No 22 tahun 2018 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Baca: Kawat Berduri dan Brimob Menjaga Pendaftaran Jokowi-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Sejumlah syarat itu misalnya surat pencalonan yang ditandatangnai oleh pimpinan partai politik atau para pimpinan gabungan partai politik; surat pernyataan bermaterai berisi 14 butir pernyataan yagn salah satuny adalah mengajukan permohonan izin kepada presiden bagi gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati; daftar riwayat hidup; tanda terima penyerahan LHKPN dari KPK; surat keterangan dari kepolisian; surat keterangan dari pengadilan; ijazah dan keterangan lain.

Baca: Sentimen Politik Dalam Negeri, IHSG Dibuka Menguat 25,25 Poin

Dokumen persyaratan itu dibuat dalam 2 rangkap. Setelah pendaftara, KPU akan melakukan verifikasi hingga 24 Agustus 2018.

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help