Ketidakpastian Ekonomi Global, Sri Mulyani Tegaskan Ekonomi Indonesia Sehat

Meski kinerja APBN dalam laju yang tepat, Sri Mulyani tidak ingin terlena dan tetap waspada dengan ketidakpastian global

Ketidakpastian Ekonomi Global, Sri Mulyani Tegaskan Ekonomi Indonesia Sehat
TRIBUNNEWS/APFIA TIOCONNY BILLY
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

Pemerintah menyatakan kondisi ekonomi Indonesia sampai saat ini dalam keadaan yang sehat. Meskipun masih dibayangi oleh ketidakpastian global.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, jika diibaratkan lautan itu ada gelombang naik, gelombang turun. "Itu merupakan tidak mudah untuk bertahan di 5 persen," kata Sri Mulyani dalam keterangan tertulisnya.

Untuk diketahui, hingga semester I, realisasi pertumbuhan ekonomi diprediksi tumbuh 5,01 persen, dengan tingkat inflasi yang di bawah 3,5 persen. Bahkan, defisit anggaran sampai akhir Juni 2018 sangat terkendali, dan keseimbangan primer yang positif sekitar Rp 10 triliun.

"Di dalam APBN saya sampai semester I primary balance positif Rp 10 triliun, itu kita saja sudah very skeptis, di Argentina primary balance 5,5 persen," kata Sri.

Meski kinerja APBN dalam laju yang tepat, Sri Mulyani tidak ingin terlena dan tetap waspada dengan ketidakpastian global yang berasal dari kebijakan normalisasi moneter Amerika Serikat (AS) dan perang dagang antara AS dengan China.

"Jadi kita melakukan adjustment, jadi anda bayangkan dunia mulai turbulence tapi APBN kita sudah sehat," ujar dia.

Terpisah, Direktur Utama BUMN PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII Armand Hermawan, sependapat dengan pernyataan Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani bahwa kondisi ekonomi Indonesia sampai saat ini dalam keadaan yang cukup kondusif meskipun masih dibayangi oleh ketidakpastian global.

“PT PII sampai saat ini terus memberikan dukungan yang memberikan dampak tinggi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, salah satunya di bidang infrastruktur terkait dengan konektivitas arus transportasi  seperti sektor Ruas Jalan Tol dan Preservasi Jalan Non-Tol yang juga dapat membantu memberikan dampak positif khususnya pada sektor Industri, logistik, dan transportasi,” Jelas Armand.

Armand menambahkan bahwa PT PII akan mendukung secara penuh kepada pemerintah terutama terkait dalam bidang pembangunan infrastruktur berkelanjutan demi menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi di Indonesia lebih baik untuk kedepannya.

Editor: ahmad sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved