KPU Kota Bekasi Bakal Tetapkan Rahmat dan Tri sebagai Pemenang Pilkada Kota Bekasi

Setelah ditunda hampir satu bulan, Rahmat Effendi dan Tri Adhianto Tjahyono, bakal ditetapkan sebagai pemenang Pilkada 2018.

KPU Kota Bekasi Bakal Tetapkan Rahmat dan Tri sebagai Pemenang Pilkada Kota Bekasi
Warta Kota/Rangga Baskoro
Hasil perhitungan cepat menunjukkan pasangan calon Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama Wakil Wali Kota Tri Adhianto memperoleh suara 68 persen, Rabu (27/6/2018). 

WARTA KOTA, BEKASI---Setelah ditunda hampir satu bulan, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan Tri Adhianto Tjahyono, bakal ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Penetapan ini mengacu dengan ditolaknya gugatan yang dilayangkan rival mereka, Nur Supriyanto dan Adhy Firdaus Saady ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (9/8/2018) siang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, mengatakan, berdasarkan putusan itu maka pasangan yang memperoleh suara terbanyak bisa dinyatakan sebagai pemenang Pilkada.

Baca: FKUB Bekasi Sesalkan Isu SARA di Pilkada Kota Bekasi

Berdasarkan hasil penghitungan suara yang disahkan pada rapat pleno Jumat (6/7/2018), perolehan pasangan Rahmat Effendi-Tri Adhianto sebanyak 697.630 suara.

Jumlah tersebut menggungguli pasangan Nur Supriyanto-Adhy Firdaus yang hanya mendulang 335.900 suara.

Penetapan Rahmat Effendi-Tri Adhianto sebagai pemenang Pilkada Kota Bekasi 2018 sempat ditunda karena munculnya gugatan dari tim pasangan calon nomor urut 2 ke MK.

Baca: DPRD Sebut Pemerintah Kota Bekasi Kurang Jalin Komunikasi, Sekda Pensiun Tidak Tahu

Sampai saat ini, kata dia, lembaganya tengah menunggu salinan putusan dari MK guna sebagai dasar penetapan pemenang pilkada.

Menurutnya, berkas tersebut akan diperoleh lembaganya pada 1-2 hari setelah putusan MK.

Karena itu, dia memproyeksikan penetapan akan dilakukan pada Sabtu (11/8) mendatang.

"Kami akan mengundang beberapa pihak untuk menghadiri agenda penetapan itu. Misalnya, dari masing-masing tim pemenangan kandidat, Panitia Pengawas Pemilu Kota Bekasi, dan sejumlah unsur terkait lainnya," kata Nurul.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help