Asian Games 2018

Kemacetan Jadi Kendala Utama Persiapan Jelang Asian Games

Kemacetan di Jakarta Utara masih menjadi kendala utama terkait persiapan jelang Asian Games 2018.

Kemacetan Jadi Kendala Utama Persiapan Jelang Asian Games
Warta Kota/Alex Suban
Sejumlah kalangan warga merasa, kebijakan ganjil genap itu sangat tidak adil dan merugikan warga. 

KEMACETAN di Jakarta Utara masih menjadi kendala utama terkait persiapan jelang Asian Games 2018. Sehingga berbagai upaya terus dilakukan seperti kebijakan ganjil genap hingga rekayasa lalu lintas.

“Nah kemacetan, kebetulan itu yang signifikan, yang paling signifikan apabila terjadi kemacetan lalu lintas,” ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Reza Arief Dewanto, Kamis (9/8/2018).

Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan masalah tersebut.

Menurut Reza, berbagai upaya terus dilakukan untuk mencari solusi penanganan kemacetan di Jakarta Utara.

“Makanya Dishub dengan Ditlantas Polda Metro terus bereksperimen gimana supaya lancar dan tidak ada gangguan atau hambatan di jalan,” ungkapnya.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara Benhard Hutajulu mengatakan kebijakan ganjil genap yang sudah dilakukan sejak bulan Juli kemarin memberikan dampak positif.

“Selama ujicoba dari bulan Juli dan tilang bulan Agustus di Jakarta Utara, traffic lebih lancar. Masyarakat awalnya sedikit protes, cari jalan alternatif, tapi sekarang kondisi jalanan lebih lancar. 10-20 persen traffic lebih lancar,” ucapnya.

Selain itu pihaknya juga terus melakukan evaluasi rekayasa lalu lintas termasuk apakah diperlukan adanya langkah-langkah seperti penutupan gerbang tol atau tidak.

“Semula Jakarta Utara kebagian dua (gerbang tol) ditutup, setelah evaluasi tidak jadi ditutup. Gerbang Tol Podomoro dan Ancol Barat yang semula ditutup tidak ditutup. Kita evaluasi terus apakah perlu ditutup atau dibuka,” ujar Benhard.

“Jadi situasional, begitu rombongan atlet lewat maka ditutup, kemudian setelah itu baru dibuka lagi. Besok dari kita juga ada 50 personel untuk amankan lintasan,” ujar Benhard. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help